• News

  • Gayahidup

Ini Segudang Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Buah Naga saat Pandemi

Buah Naga
Istimewa
Buah Naga

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Siapa yang tak kenal Buah Naga? Buah dengan daging berbintik dan kulit bersisik halus jadi ciri khasnya. 

Ternyata, dibalik rasanya yang enak dan harga terjangkau, Buah Naga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. 

Berikut berbagai Manfaat Buah Naga, seperti dilansir dari laman Webmd, Minggu (9/8/2020):

Buah Naga diketahui kaya dengan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betacyanin. Zat alami ini melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yakni molekul yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penuaan dini. 

Buah Naga juga bebas lemak dan tinggi serat. Itu menjadi camilan yang baik karena dapat membantu membuat Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan. 

Buah ini juga dapat membantu menurunkan gula darah Anda. Para peneliti mengatakan ini mungkin sebagian karena menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas Anda yang membuat insulin, hormon yang membantu tubuh Anda memecah gula. 

Tapi penelitian tersebut dilakukan pada tikus, bukan manusia. Tidak jelas berapa banyak Buah Naga yang harus Anda makan untuk mendapatkan manfaat ini.

Buah Naga juga mengandung prebiotik, yaitu makanan yang memberi makan bakteri sehat yang disebut probiotik di usus Anda. Memiliki lebih banyak prebiotik dalam tubuh dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda. Secara khusus, Buah Naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. 

Di usus Anda, bakteri tersebut dan bakteri bermanfaat lainnya dapat membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Mereka juga membantu mencerna makanan. Itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. 

Buah Naga juga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Ini dapat meningkatkan kadar zat besi Anda. Zat besi penting untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan memberi Anda energi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati