• News

  • Gayahidup

Jelang Usia 40 Tahun, Anda Wajib Konsumsi Lalapan Ini

Daun pohpohan untuk cegah osteoporosis.
Dedaunan
Daun pohpohan untuk cegah osteoporosis.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menjelang usia 40 tahun pada wanita terjadi pengoroposan tulang merupakan hal yag paling ditakuti. Bukan hanya itu, kanker juga termasuk salah satu yang ditakuti wanita saat menginjak usia 35 tahun.

Mulai usia 40 tahun biasanya banyak penyakit yang mulai dirasakan. Mulai dari sakit pinggang, osteoporisis, herta gejala lainnya. Karena itu disarankan, unik mengonsumi makanan sehat teramsuk lalapan yang banyak mengandung energi.

Salah satu lalapan yang bisa dikonsumsi adalah daun pohpohan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa Daun Pohpohan memiliki kandungan alami, seperti vitamin B1, lemak, zat fosfor, vitamin C, energy, zat besi, vitamin A, karbohidrat, protein, dan kalsium. Selain sebagai lalapan, daun ini juga cukup nikmat bila dimasak sebagai sayur untuk lauk.

Ketika Adna mengunyah pohpohlan rasanya seperti bunyi kres.. kres.. kres.k. Rasa daun pohpohan tidak seperti rasa daun pada umumnya yang langu dan agak getir. Rasanya kurang lebih sama dengan daun selada, tapi daun pohpohan agak manis. Manisnya seperti manis jambu.

Dilansir dari berbagai sumber termasuk manfaat pepohonan, dan blog Adeuhfi, berikut  manfaat dan khasiat daun pohpohan :

Cegah Osteoporosis
Dalam 100 gram daun pohpohan terdapat 744 mg kalsium. Dimana kita juga tahu yaa, fungsi kalsium itu apa. Kalsium adalah makanan sehat penguat tulang yang dapat mencegah pengeroposan tulang, baik tulang pada tubuh, begitupun tulang pada gigi.

Kalsium pada daun pohpohan itu lebih tinggi dibanding kandungan kalsium pada 100gr daun katuk (540 mg), 100gr daun bayam (267 mg) dan 100gr daun singkong (165 mg).

Jadi untuk ibu hamil daun pohpohan ini sangat bermanfaat. Bumil butuh kalsium banyak, karena kalsiumnya untuk dua  orang. Kalau kurang bisa rebutan dengan bayinya.

Dan kandungan kalsium tinggi inilah yang menjadi salah satu alasan saya menyukai daun pohpohan, selain rasanya yang segar. Dengan kandungan kalsium yang tinggi, maka pohpohan dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Bagi kita yang punya bakat tumbuhnya sel kanker (biasanya yg dapat dari genetik), lebih berhati-hati dalam menjaga makanan dan minuman kita. Dan untuk mencegah berkembangnya sel kanker oada tubuh kita, dibutuhkan antioksidan tinggi yang terdapat pada makanan atau minuman yang mengandung vitamin c.

Menurut AKG (angka kecukupan gizi), kebutuhan vitamin c dalam sehari adalah 40 - 45 mg (anak usia 1 - 12 th), 65 - 90 mg (anak usia 12 - 18 th) dan 75 - 90 (uaia 18th keatas). Kebutuhan tersebut bisa didapati dalam daun pohpohan.

Dalam 100gr daun pohpohan mengandung vitamin c sebesar 5mg. Ini sudah cukup untuk membantu vitamin c yang didapat dari buah sayur lainnya.

Editor : Sulha Handayani