• News

  • Gayahidup

Masa Lalunya Angkat Pakan Ayam, Sekarang Jadi Miliarder

Owner Online Shop Beauty Labs Marisa Yohanaa
Netralnewsdotcom
Owner Online Shop Beauty Labs Marisa Yohanaa

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tidak pernah diduga oleh seorang wanita cantik bernama Marisa Yohana (28), bisa menjadi milyarder di usia muda. Pasalnya, dibalik kesuksesan ternyata ada rentetan pengalaman tidak mengenakan di masa lalunya. 

Secara gamblang, Marisa mengaku memiliki masa remaja yang hidup dalam keluarga tergolong sederhana ke bawah. Tidak punya tempat tinggal dan harta benda, hingga pindah-pindah kontrakan untuk mencari harga sewa termurah bagai kegiatan yang lumrah. 

Sejak usia 16 tahun, Marisa sudah mulai membantu perekonomian keluarga dan serius mencari uang di usia 18 tahun. Setiap harinya, Marisa sekolah sambil berdagang gorengan, pulang sekolah membantu usaha pakan ayam Ayahnya, mengajar les, dan mencoba peruntungan bisnis onlie shop. Tuntutan hidup pun kian berat, saat Ayahnya mengaku memiliki utang sebesar Rp 250 juta dan sakit-sakitan. 

"Tidak masuk logika (memiliki utang Rp 250 juta). Masih muda, anak pertama, punya adik perempuan, belum kerja, bagaimana bisa melunasi utang?," kenang Owner Online Shop Beauty Labs ini.

Keadaan itu bagai pecut bagi Marisa agar tidak bermalas-malasan dan berpangku tangan, melainkan mandiri. Sayang, pada usia 21 tahun, Ayah Marisa meninggal dunia di usia muda dan Ibundanya harus menjadi janda di usia 39 tahun. 

"Dari situ mulai serius di online shop skin care dari Korea. Sering tidak tidur untuk urus customer, stock barang dan lobby. Sepanjang hari seperti itu, kuliah, cari duit, kuliah, cari duit," jelas wanita berambut panjang ini.

Buah kerja keras, di usia 22 tahun, Marisa berhasil melunasi utang Ayahnya. Di usia 23, Marisa mulai kredit mobil untuk mendukung usaha online shopnya. Pasalnya sebelum memiliki mobil, dia dibantu Ibundanya harus berjibaku naik angkot atau motor, menerjang panas dan hujan untuk mengambil dan mengantar barang. 

"Satu setengah tahun (kredit mobil) berjalan, saya ditipu orang dan tidak ada order sama sekali. Titik terendah dalam hidup, di usia 24 tahun hanya pegang uang Rp 300 ribu. Nggak tahu mau makan apa? Bayaran sekolah adik bagaimana? Bahkan adik terancam putus sekolah," jelas Marisa. 

Marisa kemudian memutuskan untuk cuti dari kuliah selama dua tahun dan merelakan studinya selesai setelah 6 tahun. Saat itu, Marisa dan keluarga membangun mezbah keluarga. Mereka berdoa bersama, pasrah dan berserah pada Tuhan, serta mengampuni apa yang sudah terjadi. 

"Tuhan bekerja dengan cara-cara ajaib. Sekitar enam bulan, Tuhan bayar dan gantikan rejeki dengan belipat ganda. Hidup mulai naik sampai saat ini," kata Marisa yang ceria.

Tapi ujian hidup Marisa tidak berhenti sampai di situ, adik tersayangnya didiagnosa alami kanker yang langka. Marisa juga memutuskan adik perempuannya sempat melakukan pengobatan di Malaysia.

Diakui Marisa, biaya yang dia keluarkan untuk pengobatan juga tidak sedikit bahkan menyentuh angka Milyaran dan berdampak juga pada ruang gerak Marisa mengurus bisnis online shopnya.

Di sisi lain, Marisa juga masih berbagi berkat yang dia terima pada orang lain. Dia secara rutin berbagi rejeki pada orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan. Marisa juga mengaku di tengah kesibukan urus bisnis dan keluarga, aktif dalam kegiatan anak muda dan komunitas gereja.

Mau tahu, seperti apa sosok Marisa dan kisah hidup lengkapnya? Simak wawancara lengkap Marisa di Channel YouTube Netralnewsdotcom.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya