• News

  • Gayahidup

Heboh Perkenalan Mahasiswa Unesa, Joko Anwar: Menjijikan, Cupu Lo

Joko Anwar, sutradara film.
joss.co.id
Joko Anwar, sutradara film.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sutradara Joko Anwar turut angkat bicara terkait beredarnya video senior sedang membentak-bentak Mahasiswa Baru (Maba). Diketahui, itu terjadi saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2020. 

Menurutnya, siapapun yang masih melakukan perkenalan kampus atau yang familiar disebut ospek dengan kasar, merendahkan, dan menindas adalah tindakan yang menjijikan.

"Itu menjijikkan, Bro Sis. Malah keliatan tolol," kata Joko Anwar, dikutip dari cuitannya, Rabu (16/9/2020.

Menurutnya tindakan yang dilakukan tersebut, salah satu peninggalan dari masa lampau yang seharusnya sudah tidak ada lagi. Apalagi tindakan bentak-bentak, ditegaskannya bukan suatu hal yang keren.

Dia komentari senior yang membentak-bentak, bahwa tidak ada satu pun yang dimiliki baik harta, jabatan, ketenaran, profesi dan lainnya, sehingga berhak merendahkan orang lain. 

"Apalagi cuman sekedar lebih duluan masuk kuliah. Cupu lo," tegas pria yang menggarap Film Gundala ini.

Sebagai informasi, kegiatan yang dimaksud Tsamara itu terjadi secara live virtual, diselenggarakan oleh Unesa. Secara spesifik, nampak kegiatan terselenggara oleh Fakultas Ilmu Pendidikan. 

Menurut pantauan Netralnews, PKKMB 2020 itu mengangkat tema "Menjadikan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA 2020".

Terlihat beberapa Maba mengenakan pakaian batik, dengan bawahan gelap, hingga penutup kepala, meski berada di dalam ruangan. Seorang Maba perempuan nampak dibentak-bentak, sekitar tiga senior lantaran tidak mengenakan ikat pinggang. 

Rektor Unesa Nurhasan melalui keterangan resmi menyatakan menyayangkan kejadian tersebut dan mengakui ada kesalahan koordinasi. Pihaknya akan melakukan evaluasi dan menyelesaikan kasus yang viral di media sosial ini dengan cara kekeluargaan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P