• News

  • Gayahidup

Benarkah Lemon Membuat Warga Vietnam Tahan dengan COVID-19? Ini Penjelasannya

Lemon mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan manusia saat ini.
Keep Healthy
Lemon mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan manusia saat ini.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ramai dibicarakan mengenai khasiat jeruk lemon, baik dalam bents perasan atau tetesan. Seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Vietnam bernama Marry membagikan cerita bagaimana masyarakat Vietnam hidup tanpa paparan Covid-19.

“Paparan Covid-19 di Vietnam sangat sedikit.Vietnam korban covid 19 tidak ada yang mati. Ternyata obat virus covid 19  sudah ada di negara Vietnam, Ternyata rersepnya sangat sederhana,” ujar Patsy yang dibagikan dalam WAG, Selasa, (15/9/2020).

Menurut dia, di Vietnam rata-rata masyarakatnya mengonsumsi air perasan jeruk lemon setiap hari menjelang tidur. Hanya persasan air lemon dicampur teh. Dua bahan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi bersifat basa, karena ketika malam tiba sistem tubuh menjadi asam kemampuan detensif juga akan berkurang.

“Itulah sebabnya orang Vietnam santai saja dengan menyebarnya virus covid 19. Di Vietnam rata-rata semua orang minum segelas air panas dengan sedikit lemon di malam hari.”

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng M Faqih sudah pernah memberikan pernyataan terkait isu teh dan lemon sebagai obat Covid-19. Ia menyatakan bahwa hal tersebut belum terbukti benar dan belum ada penelitian ilmiahnya. “Belum ada bukti yang membenarkan hal tersebut,” kata Faqih.

Selain itu, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSi, untuk memastikan kebenaran narasi tersebut. Inggrid pun langsung menyebutkan bahwa informasi tersebut adalah informasi palsu atau hoaks. “Ini (narasi yang beredar) hoaks,” kata Inggrid.

Lebih lanjut Inggrid menjelaskan, lemon dan teh masing-masing memang bersifat antioksidan. Jika dicampur, maka sifat antioksidan dalam campuran tersebut akan lebih tinggi lagi. “Bahan alam yang bersifat antioksidan, biasanya bersifat meregulasi sistem imun dengan menangkal radikal bebas pada proses peradangan,” ujar dia.

Adapun, perihal strategi Vietnam untuk mengatasi Covid-19 sehingga tidak ada korban meninggal tidak terkait dengan penggunaan campuran teh dan lemon, melainkan kebijakan cepat tanggapnya. Berikut kutipan berita yang membahas kebijakan Vietnam dalam mengatasi Covid-19:

Kepala Balitbang Kementeran Pertanian Fadjry Djufry menjelaskan, Jeruk Lemon Montaji Agrihorti memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, selain itu juga terkandung asam sitrat, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5 dan senyawa mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat lemon, tambahnya, dapat membantu menurunkan berat badan, antibodi, menyegarkan nafas, melancarkan pencernaan dan lainnya.

Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.


Editor : Sulha Handayani