Netral English Netral Mandarin
01:48wib
Pemerintah Indonesia kritik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang luput menyoroti kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di negara-negara maju. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.
Gedung Putih Izinkan Warga Asing Masuk AS, dengan Syarat

Kamis, 05-Agustus-2021 22:30

Gedung Putih, AS
Foto : Istimewa
Gedung Putih, AS
8

WASHINGTON, NETRALNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) berencana mengizinkan warga asing untuk kembali memasuki negaranya. Dengan catatan telah mendapat vaksin Covid-19 lengkap (dua dosis vaksin).

Seperti dilansir AFP, Kamis (5/8/2021), Pejabat Gedung Putih mengatakan, rencana itu dipertimbangkan karena pemerintahan Presiden Joe Biden mengakui pentingnya perjalanan internasional demi menjaga pertumbuhan ekonomi negaranya.

"Berencana membuka kembali kedatangan dari luar negeri dengan cara yang aman dan berkelanjutan," kata pejabat itu pada Rabu (4/8/2021) waktu AS seperti dikutip AFP.

Pejabat tersebut mengakui kalau saat ini pihak berwenang tengah memantangkan rencana itu, dan sebuah kelompok kerja telah dibentuk untuk mengembangkan sistem baru yang konsisten dan aman untuk kedatangan internasional.

Meski demikian, pejabat itu tidak menjelaskan secara rinci kapan kebijakan diberlakukan.

Untuk diketahui, seperti halnya banyak negara di dunia, AS melakukan pembatasan-pembatasan untuk membendung paparan Covid-19, dan Washington sebelumnya bahkan sempat menyatakan akan mempertahankan pembatasan tersebut, khususnya yang terkait dengan perjalanan internasional.

Sejauh ini, AS masih membatasi perjalanan dari Uni Eropa, Inggris, China, dan Iran yang telah berlangsung selama lebih dari setahun, dan sejumlah negara juga telah dimasukkan dalam daftar, termasuk Brasil dan India.

Uni Eropa sendiri pada Juni lalu telah membuka diri untuk pelancong dari Amerika Serikat dengan syarat sertifikat vaksin atau hasil tes negatif Covid.

UE membuat keputusan itu setelah mendapat tekanan dari negara-negara yang bergantung pada pariwisata seperti Yunani, Spanyol dan Italia.

Saat ini AS sedang kembali mengalami lonjakan kasus virus corona yang dipicu oleh penyebaran varian Delta. Kasus-kasus tersebut menyebar di antara warga yang belum divaksinasi.

Pada Senin (2/8/2021), AS telah mencapai target vaksinasi yang ditetapkam Presiden Joe Biden, yakni setidaknya satu dosis vaksin kepada 70% orang dewasa. Pencapaian target itu terlambat hampir sebulan akibat gelombang baru yang membuat peningkatan kasus rawat inap.

Pemerintahan Biden awalnya menargetkan pencapaian 70% itu tepat di Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli. 

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani