Netral English Netral Mandarin
00:25wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Gegara Omicron, Pemprov DKI Tunda Soft Launching JIS dan IYC 2021

Jumat, 03-December-2021 22:20

Jakarta International Stadium (JIS)
Foto : Istimewa
Jakarta International Stadium (JIS)
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI menunda pelaksanaan International Youth Championship (IYC) 2021 sekaligus soft launching Jakarta International Stadium (JIS). Adapun turnamen ini sedianya dilaksanakan mulai 4-11 Desember 2021 mendatang.

Selain dilangsungkan di Jakarta, turnamen ini menurut rencana juga akan diselenggarakan di Bali.

Dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Pemprov DKI, Gubernur Anies Baswedan menjelaskan alasan penundaan ini.

Turnamen yang turut mengundang klub Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona ini diundur lantaran adanya ancaman varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron.

"Dengan melihat perkembangan Omicron di berbagai belahan dunia dan dapat dengan pemerintah pusat dan Pemprov Bali, maka kami menyampaikan penangguhan IYC yang sedianya diselenggarakan 4-11 Desember 2021 di Bali dan Jakarta," kata .

Sebagai informasi, turnamen IYC 2021 ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemprov DKI dengan Pemprov Bali dan Pancoran Soccer Field (PSF).

Ketiga klub raksasa asal Spanyol ini nantinya akan bertanding dengan tim All Star Indonesia U20.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerangkan, program IYC 2021 ini merupakan bagian dari soft launching Jakarta International Stadium (JIS).

"JIS adalah persembahan dari Pemprov DKI kepada seluruh masyarakat Indonesia sebagai simbol baru kolaborasi, inklusivitas, keberlanjutan generasi urban, dan kebangkitan ekonomi Kota Jakarta," ucapnya, Kamis (18/11/2021).

Turnamen ini akan dihelat di Bali dan Jakarta mukai Desember hingga 11 Desember 2021 mendatang.

Pertandingan fase grup IYC 2021 akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada 4 sampai 8 Desember 2021.

Kemudian, babak perebutan tempat ketiga dan final akan dilaksanakan di JIS pada 11 Desember 2021 mendatang.

Turnamen IYC 2021 ini pun diharapkan bisa menjadi tonggak baru bagi sepak bola Indonesia di mata dunia, serta menjadi awal bersejarah bagi lahirnya ikon baru kebanggaan Jakarta International Stadium (JIS).

Anies juga mengatakan, penyelenggaraan turnamen ini bertujuan untuk menyelamatkan ekonomi daerah yang terpuruk selama pandemi Covid-19.

Apalagi, geliat industri pariwisata di Jakarta dan Bali mulai bergulir setelah kasus Covid-19 di dua provinsi itu berhasik ditekan.

"Kami meminta dan berharap agar seluruh pemain dan official dari klub raksasa dunia yang hadir dapat memberikan testimoni dan menjadi penyambung informasi atas keberhasilan Indonesia dalam menangani Covid-19," ujarnya.

Program soft launching JIS berupab turnamen IYC 2021 ini juga merupakan bentuk pembinaan dan pendidikan atlet muda sepak bola tanah air.

"IYC 2021 sejalan dengan sport tourism yang sangat kami butuhkan sebagai salah satu cara mendukung dan membangkitkan pariwisata," kata Gubernur Bali I Wayan Koster dalam acara yang sama.

"Kami berharap, pelaksanaan turnamen ini dapat menjadi role model dalam pembinaan persepakbolaan bagi anak-anak usia muda di Indonesia, khususnya di Bali dan Jakarta,” tambahnya menjelaskan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi