Netral English Netral Mandarin
21:03wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Heboh 19 Tahun Jadi Polisi, Saat Pensiun Ngemis, Netizen: Terkadang Orang Jujur Banyak Ujiannya

Senin, 27-September-2021 11:23

Manusia silver yang ditangkap satpol pp Kota Semarang ternyata adalah pensiunan Polisi.
Foto : Instagram/@satusuaraexspress
Manusia silver yang ditangkap satpol pp Kota Semarang ternyata adalah pensiunan Polisi.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabar seorang pensiunan polisi yang telah kerja 19 tahun namun saat pensiun malah mengemis dengan menjadi manusia silver ramai menjadi sorotan publik.

Di akun FB Mak Lambe Turah, Senin 27 September 2021, banyak netizen menyampaikan ragam komentar. 

MLT: "Gaji pensiunan pangkat segitu ga seberapanya. Mak tahu dengan jelas nominalnya.mestinya dibantu anak, kalo punya anak. Apalagi jaman sekarang kalo sakit rada susah, punya Askes pun, pilihannya tetap ga pake karena malas ke RS jadi terpaksa berobat yang berbayar..Semoga dunia kembali pulih."

Therezia Junove: “Astagaaaa Gustiii.”

Enita Lelyana Budiarti: “Terkadang orang jujur byk ujian nya begitu mak. Tapi byk yg mungkin byk sabetan nya hidup makmur .gendut gendut . Semoga pak agus di lancarkan rejekinya.”

Natalie Ria Rumondang: “Untung gua udah ga tinggal di indonesia lagi, di sini pengangguran dicariin kerjaan loh ama pemerintah malah setahun pertama dikasih bantuan dana.”

Harta Tahta Maika: “Selama bekerja apa nggk nabung. Ayah saya tentara tapi ayah nyisihin uang untuk menabung. Adik dan saya kuliah ambil jalur prestasi dan gratis meski kami anak PNS jadi uang yg di tabung ayah kTanya utk menikahkan saya dan adik saya. Kalo uang saku dan keutuhan selama kuliah pasti ada. Jangan lupa juga watak istri dan sikap istri selama menemani. Cara mengolah uang dan mempergunakan uang itu bagaimana. Cara kehidupan selama masih jaya²nya.”

Untuk diketahui, seorang lansia di Kota Semarang Jawa Tengah bernama Agus Dartono (61) mengemis dengan menjadi manusia silver. Hal itu dilakukan karena impitan ekonomi di tengah pandemi. 

Siapa sangka, Agus yang merupakan warga Sendang Mulyo, Tembalang ternyata adalah seorang pensiunan polisi dengan pangkat terakhir Aipda.

19 tahun jadi polisi

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy membenarkan jika Agus adalah seorang pensiunan polisi. Agus rupanya telah 19 tahun bergabung dengan kepolisian sebelum akhirnya pensiun.

Dia bertugas menjadi polisi sejak 1997 hingga 2016. Agus terakhir berdinas di Poslantas Tembalang dengan pangkat Aipda. Iqbal menjelaskan, usai pensiun,

Agus tinggal bersama istri di kawasan Candisari, Kota Semarang.

"Alasan Agus mengamen menjadi manusia silver dikarenakan faktor ekonomi. Karena malu meminta bantuan kerabat atau rekan, akhirnya dia nekat menjadi manusia silver," ucapnya.

Dirazia Satpol PP

Iqbal juga membenarkan jika Agus sempat terjaring razia Satpol PP ketika sedang mengemis di Jalan Arteri Yos Sudarso, Semarang Barat.

"Agus Dartono adalah pensiunan Polri yang di sweeping oleh Satpol PP di daerah Marina, hari Jumat kemarin karena mengemis menjadi manusia silver," kata Iqbal seperti dilansir Kompas.com, Minggu (26/9/2021).

Selepas ditangkap, Agus digelandang ke kantor Satpol PP untuk diberikan pembinaan. "Setelah diberi pembinaan kemudian dilepas oleh Satpol PP," ujar Iqbal.

Diberi bantuan hingga dijanjikan pekerjaan

Kabar penangkapan Agus pun mendapat perhatian dari Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Kapolda memberikan bantuan sembako dan uang tunai.

"Melalui salah seorang staf Polda, AKBP Purbaya, beliau langsung menyerahkan bantuan uang yang langsung diterima di rumah Pak Agus, kemarin," ungkap Iqbal.

Tak hanya itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar juga memberikan bantuan dan menjanjikan pekerjaan.

"Kemarin Pak Agus juga sudah menghadap Wakapolrestabes dan langsung menerima bantuan dari Kapolrestabes serta juga bantuan hasil iuran rekan-rekan anggota," pungkasnya.

Rencananya, Senin besok Agus akan menghadap Kapolrestabes.

Video Viral

Video Agus yang menjadi manusia silver dan dirazia, viral di media sosial. Dalam video yang beredar tampak Agus yang berpakaian lusuh berusaha kabur dari kejaran petugas.

Dengan cat silver yang melekat di kulitnya, sembari membawa kotak, Agus digelandang petugas ke mobil patroli Satpol PP Kota Semarang. Video itu mendapatkan beragam komentar dari warganet.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani