3
Netral English Netral Mandarin
16:24 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
Geger Pasar di Depok Pakai Dirham dan Dinar, Netizen: Harusnya yang Belanja Pakai Onta

Jumat, 29-January-2021 10:35

Geger Pasar Muamalah di Depok Pakai Dirham dan Dinar
Foto : Berita Heboh
Geger Pasar Muamalah di Depok Pakai Dirham dan Dinar
0

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Pasar Muamalah Depok transaksi pakai dinar dan dirham, ini membuat heboh. Pasar itu merupakan Pasar Muamalah yang berlokasi di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Jadi perbincangan Pasar Muamalah Depok ini disebabkan transaksi jual belinya berbeda dengan pasar-pasar lainnya, sebab tidak menggunakan rupiah.

Di Akun FB Mak Lambe Turah, Jumat (29/1/21), banyak netizen mengomentari pasar tersebut.

Baca Juga :

MLT: "Halo warga Depok mana suaranya."

Endang Maharini: "Harusnya sekalian dong, tulisannya pake tulisan Arab, biar afdol..... Ngapain pake bahasa Indonesia...."

Jeroen van der Linde: "Sekalian aja pindah ke daerah sana dong.. Jgn setengah2."

Mbah Iwan Sempoel: "Pokoknya kalau berbau negara seberang sana dianggap berbau⊃2; surga... Giliran HP yg dipakai buat posting ???? Ga ada yg membahas, itu buatan mana??"

Firenzhe Ndoen: "Harusnya yg datang belanja jg pake onta haahahahhahhaha."

Sebelumnya diberitakan, bila ditelusuri, keberadaan Pasar Muamalah di Depok sebenarnya sudah berdiri lama. Dari hasil penelusuran Suarabogor.id, sudah ada akun YouTube, Arsip Nusantara yang menayangkan langsung proses jual belinya satu tahun lalu.

Dikutip dari akun YouTube Arsip Nusantara Kamis (28/1/2021), Pasar Muamalah itu melakukan transaksi jual beli sesuai ajaran Nabi jaman dahulu.

Di pasar itu juga lapaknya diketahui tidak ada sewa tempat untuk lapak, pun juga siapa pun yang datang terlebih dahulu berhak mendapatkan lapak yang terbaik.

Dilihat dari akun YouTube Arsip Nusantara, pasar itu juga melakukan penjualan berupa makanan, sendal dan yang lainnya. Di pasar itu juga mengharamkan riba dan kecurangan, bahkan ada juga seorang pengawasnya bernama Mustasib

Sekedar diketahui, dinar merupakan koin emas 4,25 gram 22 karat. Sefangkan dirham yakni koin perak murni 2,99 gram.

Lurah Tanah Baru Zakky Fauzan membenarkan praktik transaksi itu. Dia sudah mengirimkan perangkat kelurahan ke sana. Menurut dia transaksi itu tidak berizin.

"Iya benar ada, lagi ditelusuri," kata Zakky.

Pasar Muamalah beroperasi tiap hari Minggu di pekan kedua dan empat. Pasar Muamalah dibuka di sebuah ruko milik seorang warga bernama Zaim (60) dan beroperasi mulai pukul 7.00-11.00 WIB.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto