Netral English Netral Mandarin
14:25wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Gelar JaKteatiFest, BI Ingin UMKM Jakarta Naik Kelas

Sabtu, 21-Agustus-2021 00:30

Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Onny Widjanarko
Foto : Wahyu Praditya Purnomo
Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Onny Widjanarko
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menggelar Jakarta Kreatif Festival (JakreatiFest) pada 30-31 Agustus 2021. Kegiatan yang digelar secara virtual itu BI DKI ingin mempertemukan antara ekosistem Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Onny Widjanarko mengatakan, ajang JaKreatiFest ini mendorong pelaku UMKM di Jakarta naik kelas. Tak hanya itu, diharapkan juga dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi, pasca hantaman gelombang kedua Pandemi Covid-19.

"Kami ingin UMKM naik kelas dan memperluas akses pasar UMKM dan meningkatkan akses keuangan atau business matching UMKM," kata Kepala Onny dalam Konferensi Pers JaKreatiFest 2021, di Jakarta, Jumat (20/8/2021).

Menurut dia, ekosistem dalam mendukung UMKM saat era digitalisasi di antaranya pembiayaan, produksi, logistik, pemasaran, dan sistem pembayaran.

Ia mengharapkan, melalui ajang yang akan dilaksanakan , para pelaku UMKM dan ekosistem lainnya akan semakin mudah terhubung sehingga mendongkrak usaha dan ekonomi daerah.

Dia menjelaskan, sebanyak 138 pelaku UMKM DKI Jakarta akan berpartisipasi dalam ajang temu dan motivasi bisnis itu yang dapat dipantau daring salah satunya melalui laman JakreatiFest.com.

Selama dua hari, lanjut dia, rencananya diadakan sejumlah agenda di antaranya webinar, lokakarya soal pengembangan UMKM dan syariah, peragaan busana, musik, perfilman, wisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Jika pelaksanaan sebelumnya, lanjut dia, menekankan UMKM sektor kuliner dan fesyen, pada ajang tahun ini juga diramaikan dengan UMKM atau ekonomi kreatif lain seperti musik hingga animasi sehingga diharapkan menyentuh kalangan milenial.

"Dampaknya kami harap mendukung percepatan pemulihan ekonomi di sektor terkait program Bangga Buatan Indonesia, mendorong berkembangnya sektor utama dan kami dukung ekonomi syariah," ujar Onny.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, bank sentral ini mengadakan kegiatan secara terpisah misalnya Festival Kopi Nusantara, Festival Kreatif dan Seni Jakarta, Karya Kreatif Indonesia untuk mendukung kegiatan BI Pusat dan pemerintah.

Untuk tahun ini, pihaknya menyinergikan kegiatan tersebut menjadi satu rangkaian yakni JakreatiFest sebagai ajang pemberdayaan sumber pertumbuhan ekonomi baru di era digitalisasi.

"Agar dapat memberikan dampak yang optimal dan terukur dan menjaga keselarasan sinergi kegiatan tersebut," pungkasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani