3
Netral English Netral Mandarin
20:50 wib
Salah satu pendiri Partai Demokrat (PD), Hencky Luntunngan, menyebut KLB dipastikan akan digelar pada Maret ini. Pemerintah memutuskan mencabut aturan mengenai investasi industri minuman keras yang tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.
Gelar Vaksinasi Tahap Dua, Pejabat Publik dan Tokoh Masyarakat Divaksin

Jumat, 29-January-2021 15:40

Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan penyuntikan dosis kedua
Foto : Vaksinasi
Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan penyuntikan dosis kedua
1

JAKARTA, METRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan penyuntikan dosis kedua dalam Gerakan Vaksinasi COVID-19 Provinsi DKI Jakarta di Pendopo Balai Kota Jakarta, pada Jumat (29/1/2021) pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

Penyuntikan dosis kedua itu melengkapi penyuntikan dosis pertama yang dilakukan pada 15 Januari 2021. Seperti diketahui, Vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac harus disuntikkan dua kali, masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari.

Penyuntikan kedua vaksin COVID-19 ini diberikan kepada perwakilan 3 kelompok sasaran. Yakni, pejabat publik (tingkat Provinsi selain Gubernur dan Wakil Gubernur), organisasi profesi tenaga kesehatan, dan tokoh masyarakat lain (pemuka agama dan kelompok lain), dengan total sebanyak 21 orang perwakilan, yang disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

"Hari ini, saya mewakili Pak Gubernur melihat pelaksanaan vaksin dosis kedua yang diberikan kepada para tokoh. Alhamdulillah, DKI Jakarta sudah mendapatkan 240.000 dosis vaksin. Pada tanggal 14-15 Januari kami sudah memulai vaksinasi di seluruh wilayah Jakarta. Di puskesmas, rumah sakit daerah, dan faskes lainnya," kata Ariza.

Vaksinasi diharapkan efektif mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. "Tadi saya juga tanya kepada para tokoh agama, pemerintahan, Forkopimda, dan masyarakat. Tidak ada gejala serius. Mudah-mudahan vaksinasi berlangsung dengan baik, cepat selesai," sambung Ariza.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinkes Provinsi DKI Jakarta, sejumlah perwakilan yang mendapatkan dosis pertama pada dua minggu lalu telah memenuhi syarat divaksinasi kembali untuk dosis kedua.

Adapun alur vaksinasi sama seperti pada penyuntikan dosis pertama, yaitu dimulai dari meja registrasi untuk validasi dan verifikasi data, meja kedua untuk penapisan kesehatan dengan wawancara dan pengisian form pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, pemberian edukasi kepada peserta vaksinasi, kemudian berpindah ke meja vaksinasi dan selanjutnya ke meja observasi dan pencatatan pelaporan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta segenap unsur masyarakat siap mensukseskan penyelenggaraan Vaksinasi COVID-19. Pada pelaksanaan vaksinasi ini, untuk tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanggulangan COVID-19 dengan jumlah target sasaran sebanyak 131.000 orang, dan pelaksanaannya telah dimulai sejak Kamis tanggal 14 Januari 2021.

Sampai saat ini yang telah mendapatkan dosis pertama berjumlah 53.210 orang dan dosis kedua berjumlah 2.449 orang. Diharapkan untuk tahap pertama ini dapat selesai di bulan Februari 2021. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sebanyak 508 fasilitas kesehatan pelayanan vaksinasi COVID-19 yang tersebar di 6 wilayah kota dan kabupaten, serta 1.648 tenaga vaksinator yang terlatih.

Pesan yang sangat penting untuk seluruh warga di DKI Jakarta adalah vaksinasi COVID-19 adalah ikhtiar bersama untuk mengakhiri pandemi COVID-19 namun tetap perlu menerapkan  protokol kesehatan serta melaksanakan Gerakan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani