Netral English Netral Mandarin
04:09wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Haiti, Ratusan Orang Tewas

Minggu, 15-Agustus-2021 07:55

Ilustrasi gempa
Foto : Istimewa
Ilustrasi gempa
11

PORT-AU-PRINCE, NETRALNEWS.COM -Sedikitnya 304 orang tewas, ratusan orang terluka atau hilang dan kerusakan besar terjadi di bagian barat Haiti akibat diguncang gempa kuat magnitudo 7,2. Hal itu dikemukakan para pejabat.

Seperti dilansir dari laman NBC, menurut Kantor Perlindungan Sipil Haiti, jumlah korban meninggal meningkat dari 29 menjadi 304 orang.

 

Direktur Perlindungan Sipil Jerry Chandler, mengatakan tim akan dikirim ke daerah itu untuk misi pencarian dan penyelamatan.

Kantor tersebut mengemukakan, jumlah kematian terbesar yaitu 160 orang terjadi di bagian selatan daerah itu. Diperkirakan setidaknya 1.800 orang terluka.

"Yang paling penting adalah memulihkan sebanyak mungkin orang yang selamat di bawah reruntuhan,” kata Perdana Menteri Ariel Henry, yang mengumumkan keadaan darurat satu bulan untuk negara itu. “Kami telah mengetahui bahwa rumah sakit setempat, khususnya di Les Cayes, kewalahan dengan orang-orang yang terluka dan patah."

Korban tewas dilaporkan termasuk mantan senator Gabriel Fortune, yang jenazahnya dilaporkan ditarik dari sebuah hotel yang runtuh di kota pesisir Les Cayes.

Menurut laman Survei Geologi AS, Pusat gempa berada sekitar 78 mil di sebelah barat ibu kota Port-au-Prince 

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli