Netral English Netral Mandarin
01:43wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Gencar Vaksinasi Door to Door, Langkah Kepala BIN Budi Gunawan Patut Diapresiasi dan Dicontoh

Jumat, 03-September-2021 19:00

Pengamat, Karyono Wibowo
Foto : Istimewa
Pengamat, Karyono Wibowo
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengapresiasi langkah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) yang telah mengerahkan jajarannya untuk terus melakukan vaksinasi Covid-19 door to door di daerah-daerah.

Menurut Karyono, vaksinasi door to door yang dilakukan BG dan jajarannya merupakan langkah progresif untuk mempercepat terbentuk herd immunity atau kekebalan komunitas.

“Menurut saya itu langkah Pak Budi Gunawan dan jajarannya yang progresif untuk percepatan mencapai target vaksinasi. Akselerasi pencapaian target vaksin menjadi keniscayaan agar segera terbentuk herd immunity,” ujar Karyono kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Apalagi, kata Karyono, langkah yang dikerjakan para pembantu presiden dan pemerintah daerah tampak lambat dalam melakukan vaksinasi Covid-19. Padahal, lanjutnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan Covid-19.

“Program vaksin door to door BIN termasuk juga TNI, POLRI dan segenap komponen masyarakat yang langsung diinstruksi Presiden Jokowi merupakan langkah tepat di tengah lambannya para pembantu presiden dan pemerintah daerah dalam melaksanakan program vaksin ke masyarakat. Dalam kondisi seperti itu, diperlukan langkah cepat dan progresif,” ungkapnya.

Karyono berharap para pembantu presiden Jokowi dan pemerintah daerah perlu instropeksi diri dengan adanya vaksin door to door yang dilakukan BIN, TNI, POLRI dan sejumlah elemen masyarakat atas instruksi presiden.

“Program vaksin door to door yang dilakukan BIN, TNI, POLRI dan sejumlah elemen masyarakat atas instruksi presiden tersebut merupakan tamparan bagi para pembantu presiden dan kepala daerah yang lamban dalam melaksanakan program vaksin. Secara tersirat, langkah ini bisa menunjukkan ada problem di balik lambannya program vaksinasi,” tandasnya.

Lebih jauh, Karyono menilai Kepala BIN BG sudah menunjukkan teladan yang patut ditiru oleh para pembantu presiden dan pemda dalam mempercepat vaksinasi Covid-19. Dia berharap adanya kerja sama semua pihak untuk mendukung vaksinasi door to door sesuai dengan kewenangan masing-masing.

“Pak Budi sudah menunjukkan agar lebih fokus bekerja dan bekerja untuk mempercepat vaksinasi. Ini patut dicontohi, diteladani dan didukung semua pihak,” pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P