Netral English Netral Mandarin
15:50wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Gerakan BERANI Diperkenalkan, Anak Muda Tolong Promosikan Ekowisata Tanah Air

Sabtu, 21-Agustus-2021 14:30

Ekowisata salah satu yang dipromosikan dalam gerakan BERANI.
Foto : Rimbakita
Ekowisata salah satu yang dipromosikan dalam gerakan BERANI.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Merayakan Hari Kemerdekaan RI-76, Kementerian Pariwisata menggandeng swasta memperkenalkan gerakan “Bersama Generasi Kini” (BERANI).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap dengan adanya program BERANI, generasi muda Indonesia memahami, supaya lingkungan terjaga dan menjadi aset terbaik bagi pariwisata Indonesia perlu banyak hal yang dilakukan. Sebab, diketahui ekowisata memiliki prospek ke depan, dimana sajian destinasi dan atraksi wisata akan mengarah kepada konsep Nature, Eco, Wellness, dan Adventure (NEWA).

Sandiaga melanjutkan, pengembangam ekowisata pada dasarnya memiliki rumusan, yaitu 3P. Pertama, mempertimbangakan Planet(Alam), People (Orang) dan Prosperity (Kesejahteraan).  "Ini artinya kita perlu merawat dan menjaga alam wisata kita, kemudian dikelola sesuai dengan budaya dan keinginan masyarakat atau wisatawan yang akan menikmati tempat wisatanya dan tetap memperhatikan nilai-nilai ekonomis dari tempat wisata tersebut. Dengan konsep tersebut diharapkan semakin dilestarikan tempat wisata maka semakin mensejahterakan," tandas Sandiaga, Jumat, (20/8/2021).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaran Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa, menambahkan kegiatan ini terdiri dari beberapa bagian dan sekarang  yang part edisi pertama ini berdekatan dengan Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Karena juga ini nanti yang berbicara bener-bener memberikan inspirasi untuk mengisi kemerdekaan," kata Rizki Handayani.

Memasuki tahun kedua menghadapi pandemi COVID-19,  tidak sedikit informasi mengenai perkembangan kondisi virus yang menyebabkan banyak pihak cemas dan kehilangan semangat.

Dibalik tantangan yang dihadapi, masih ada  gelombang pemuda pemudi bangsa yang justru tetap berjuang berkontribusi dan berkarya dalam menoreh prestasi untuk Indonesia. Ditambah lagi, kondisi New Normal telah mengubah cara kita berkegiatan dan berwisata menjadi lebih ramah lingkungan melalui ekowisata.

Hal ini mendorong Plataran Indonesia bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi untuk membuat program yang melahirkan konten positif bagi generasi muda Indonesia yang inspiratif dalam bidangnya. Program Talkshow dengan tajuk “Bersama Generasi Kini” (BERANI) lahir melalui digital platform youtube.

Program BERANI, Bersama Generasi Kini – sebuah seri talkshow singkat dan inspiratif yang menampilkan generasi muda Indonesia yang berprestasi dalam bidangnya.

“Terima kasih atas kolaborasinya antara pemerintah dan swasta, dalam hal ini, Plataran Indonesia. Bersama kita terus membangun Indonesia dan untuk generasi kini, BERANI, kita akan terus membuat Indonesia makin bersinar.” pungkas Yozua Makes, CEO Plataran Indonesia.

Program Talkshow BERANI dengan target total 5 episode akan menampilkan pemuda pemudi bangsa berprestasi di berbagai bidang, dan melahirkan tema berbeda di setiap episodenya termasuk diantaranya wisata minat khusus dan topik hangat lainnya.

"Semoga program ini dapat meningkatkan semangat optimisme berkarya bagi anak bangsa untuk terus bangkit, berdaya juang tinggi, dan tentunya inovasi yang mendukung kemajuan negara Indonesia," tambah Yozua.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati