Netral English Netral Mandarin
01:05wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Gubernur Anies Tegaskan Tak Ada Syarat Vaksin bagi Penerima Bansos

Sabtu, 07-Agustus-2021 09:00

Gubernur DKI, Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Gubernur DKI, Anies Baswedan
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan tidak ada syarat wajib vaksin Covid-19 bagi warga terdampak pandemi yajg menerima bantuan sosial (Bansos).

Menurut Anies, seluruh kegiatan yang bersifat kemanusiaan tak boleh dikaitkan dengan syarat vaksin.

"Karena itu bantuan sosial untuk menyambung hidup, tidak boleh dikaitkan dengan apapun juga," kata dia di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2021).

Sebelumnya, Lurah Utan Panjang mensyaratkan warganya harus vaksinasi Covid-19 dulu sebelum mengambil bantuan pangan non tunai (BPNT).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga mendapatkan laporan, pemerintah DKI akan menunda penyaluran bansos tunai (BST) apabila anak belum disuntik vaksin Covid-19.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan, laporan ini datang dari satu orang tua di Jakarta Barat yang tak mau anaknya disuntik vaksin Covid-19.

Anies Baswedan menyebut, penetapan syarat sudah vaksin Covid-19 bagi penerima Bansos adalah pelanggaran. Yang diperbolehkan pemerintah DKI adalah jika petugas menyalurkan Bansos lalu menganjurkan warga divaksin. 

"Tapi kalau Bansos dibagi dengan syarat sudah vaksin, tidak boleh," tegasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP