Netral English Netral Mandarin
22:43wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Gubernur Maluku Utara Perbolehkan Umat Muslim Sholat Idul Adha di Masjid

Minggu, 18-Juli-2021 09:40

Sholat idul Adha (ilustrasi)
Foto : Istimewa
Sholat idul Adha (ilustrasi)
37

MALUKU, NETRALNEWS.COM - Gubernur Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Gani Kasuba (AGK), memperbolehkan Umat Muslim menggelar Sholat Idul Adha 1442/2021 di Masjid.

"Kita putuskan untuk Umat Muslim di Maluku Utara tetap menunaikan Sholat Idul Adha di Masjid, namun dengan catatan wajib mentaati protokol kesehatan," kata AGK yang juga Ketua Satgas Malut itu.

Dikatakan, meski diperbolehkannya pelaksanaan kegiatan Ibadah di Masjid pada Hari Raya Idul Adha ini, Satgas Covid-19 Maluku Utara tetap menginstruksikan agar Jamaah yang hadir untuk melakukan Shalat dibatasi.

"Pembatasan ini dikarenakan kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku Utara mengalami peningkatan yang cukup tinggi," ujar dia.

Lanjut AGK, langkah pembatasan Jamaah ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 15 tahun 2021 tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaran Sholat Hari Raya Idul Adha 1442/2021.

"Maluku Utara saat ini sudah pada status zona Merah Covid-19, bahkan di sejumlah Rumah Sakit yang berada di setiap Kabupaten/Kota pasien yang diisolasi cukup banyak. Bahkan, ada juga yang sudah meninggal dunia," tutup Gubernur.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP