Netral English Netral Mandarin
22:32wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan keputusan pemerintah untuk menggelontorkan dana triliunan rupiah ke perusahaan-perusahaan produsen minyak goreng dinilai sudah sangat tepat. Komisi Pemberantasan Korupsi mengembangkan kasus korupsi proyek infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan 2011-2016.
Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Guguran

Sabtu, 04-December-2021 17:29

Gunung Semeru
Foto : Istimewa
Gunung Semeru
0

LUMAJANG, JAWA TIMUR, NETRALNEWS.COM  - Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal hingga dua kecamatan terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021) sore.

Aliran awan panas itu sudah sampai di Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang.

"Untuk sementara ada awan panas guguran (APG) yang sudah mencapai di Curah Kobokan. Semua potensi kita kerahkan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi melalui sambungan telepon.

Awan panas itu menciptakan awan yang membumbung. Awan yang membumbung itu akibat pertemuan aliran awan panas dan air hujan.

"Asap yang membumbung itu dari awan panas guguran yang sudah sampai di Curah Kobokan. Kan panas, kena hujan muncul asap," katanya.

Sampai saat ini, Gunung Semeru berstatus level 2 waspada.

"Untuk sementara waspada level 2," katanya.

Lampu padamSementara itu, daerah di sekitar Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, gelap akibat lampu padam dan hujan.

"Sekarang gelap, lampu padam dan hujan," kata Wawan.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Andiani mengatakan, jarak luncur awan panas guguran itu mencapai hingga 11 kilometer mengarah ke Curah Kobokan.

"Jarak luncur sekitar 11 kilometer," katanya melalui pesan singkat. 

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi