Netral English Netral Mandarin
16:03wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Habis Lebaran, Liburan ke 5 Kota Menarik di Jawa Ini Yuk!

Selasa, 18-Mei-2021 13:40

Ilustrasi
Foto : Pexels
Ilustrasi
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sesuai dengan peraturan pemerintah, lebaran tahun ini mudik kembali dilarang sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun tenang saja karena pembatasan ini bersifat sementara dan setelahnya Anda bisa mengunjungi keluarga dan juga liburan. 

Masih belum punya ide ingin liburan ke mana? Berikut ada rekomendasi 5 kota wisata menarik di Pulau Jawa yang punya banyak tempat wisata antimainstream yang bisa Anda kunjungi naik travel shuttle bersama keluarga. 

1. Serang 

Kota yang berada tidak begitu jauh dari Jakarta ini bisa jadi pilihan tempat wisata asyik untuk tujuan liburan setelah lebaran nanti. Berbicara soal destinasi wisata di Serang tentu tak bisa lepas dari Pantai Anyer yang jadi tujuan wisata populer di kota ini. 

Anda juga bisa island hopping ke Pulau Sangiang yang punya pantai indah dan keindahan bawah laut yang menawan. Ada juga Pulau Lima yang punya pantai berpasir putih yang eksotis dan kawasan hutan mangrove yang menawan. Tak ketinggalan Pulau Dua yang jadi cagar alam khusus untuk burung. Disini Anda bisa mengelilingi hutan Pulau Dua naik sepeda sambil ditemani pemandangan Laut Jawa dan kawanan burung yang hidup bebas di pulau ini. 

Suka dengan wisata sejarah dan budaya? Ada bisa mengunjungi Istana Surosowan yang merupakan peninggalan kerajaan Banten Lama. Meski bentuknya tak utuh lagi, namun Anda masih bisa menikmati sisa-sisa kemegahan bangunan ini. Sempatkan juga mampir ke Masjid Agung Banten Lama yang jadi ikon-nya Kota Serang yang tak jauh dari Istana Surosowan. Masjid ini memiliki arsitektur unik dengan menara masjid yang ikonik. 

Ada juga Vihara Avalokitesvara yang jadi tujuan wisata religi sekaligus sejarah di Serang. Anda juga bisa mengunjungi Benteng Speelwijk yang merupakan peninggalan Belanda yang Instagramable. 

2. Cirebon 

Kota yang satu ini juga menyimpan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata religi, sejarah hingga wisata alam yang memukau. 

Jika ingin wisata religi, Anda bisa mengunjungi makam Sunan Gunung Jati yang memadukan keindahan arsitektur Jawa, Arab dan Cina. Ada juga Masjid Merah yang dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1480 yang menggabungkan arsitektur Jawa dan Hindu. 

Cirebon juga punya banyak wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi, seperti Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman dan juga Keraton Kaprabonan yang masih memiliki bangunan yang indah dan juga koleksi peninggalan sejarah yang masih terjaga. Selain itu ada juga Taman Sari Gua Sunyaragi yang dulunya merupakan tempat pertapaan dan juga latihan tentara Kesultanan Cirebon. 

Jika Anda lebih suka wisata alam, ada Pantai Kejawanan yang tidak jauh dari pusat Kota Cirebon dengan pemandangan sunset yang magis lengkap dengan Gunung Ciremai sebagai latar belakangnya. 

3. Lumajang 

Kota yang berjarak sekitar 2 jam dari Surabaya ini memiliki banyak pilihan tempat wisata istimewa yang bisa Anda kunjungi, terutama jika Anda menyukai wisata alam. 

Contohnya saja Gunung Bromo yang keindahannya sudah tersohor kemana-mana. Ada juga Gunung Semeru yang siap dijelajahi. Jangan lupa bermalam di Ranu Kumbolo untuk menikmati indahnya milky way di malam hari dan perbukitan cantik dengan latar belakang danau yang begitu indah. 

Jika ke Lumajang jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi air terjun Tumpak Sewu yang hits itu ya! Air terjun ini menawarkan pemandangan air terjun yang luar biasa cantik yang sering dijadikan latar berfoto yang epik. Ada juga Coban Sriti yang juga menawarkan wisata air terjun yang tak kalah menarik. 

Ada juga kebun teh Kertowono di lereng Semeru yang punya pemandangan hijau yang begitu menyejukkan mata.Suka wisata sejarah? Anda bisa mampir ke Pura Mandara Giri Semeru Agung yang merupakan pura tertua di Indonesia yang berada di kaki Gunung Semeru. Selain arsitektur bangunannya yang masih lestari hingga kini, suasana di sekitar pura ini pun begitu asri dan sejuk. 

4. Gresik 

Kota yang berbatasan dengan Selat Madura di sebelah timurnya ini juga bisa jadi jujugan liburan Anda setelah lebaran dan pembatasan perjalanan dihentikan. 

Destinasi wisata di Gresik pun tak kalah menariknya dari daerah lainnya di Jawa Timur. Mulai dari deretan pulau-pulau cantik, pantai yang eksotis hingga wisata hits kekinian yang bisa Anda eksplor di kota ini. 

Misalnya saja Pulau Gili Gresik yang punya pantai berpasir putih yang punya view sunset super keren dan pemandangan yang tak kalah menariknya. Ada juga Pulau Bawean Gresik yang tak jauh dari pulau ini. Di Pulau Bawean Anda bisa snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang wow atau sekedar menikmati keindahan pantai-pantainya yang masih asri. 

Tidak suka perjalanan laut? Tenang, Gresik masih punya banyak pilihan tempat wisata menarik lainnya. Seperti Pantai Sukaoneng yang juga memiliki pasir putih dan uniknya dikelilingi perbukitan yang membuat pantai ini terlihat begitu eksotis. Ada juga air terjun Laccar yang menawarkan kombinasi air terjun cantik dan juga alam sekitarnya yang masih asri. 

5. Banyuwangi 

Kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki banyak destinasi wisata populer di Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Sebut saja da Kawah Ijen yang terkenal dengan panoramanya yang begitu indah, penambangan belerang yang ikonik dan tentu saja Blue Fire yang pesonanya sudah mendunia. 

Ada juga Taman Nasional Baluran yang punya pemandangan ala savana Afrika yang eksotis. Tak ketinggalan Taman Nasional Alas Purwo yang juga punya savana ala Afrika yang tak kalah memukaunya. 

Suka mantai? Ada Pantai Pulau Merah dengan pulau kecil yang ikonik di pantai ini. Pantai berpasir putih halus ini punya ombak yang lumayan besar dan aman jika Anda ingin mencoba berselancar di sini. Jika Anda termasuk peselancar profesional, jangan lewatkan kesempatan menjajal ombak di Pantai Plengkung yang memang jadi spot surfing terbaik di Indonesia dan dunia. 

Itulah referensi kota wisata menarik untuk liburan setelah lebaran nantinya. Segera pesan tiket travel shuttle ke kota yang ingin Anda inginkan agar rencana liburan lebih aman. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di saat perjalanan maupun di tempat wisata ya! 

Reporter :
Editor : Tommy Satria