Netral English Netral Mandarin
10:45wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Halo Eksportir, Ini yang Sedang Dicari Dunia dari Indonesia

Kamis, 05-Agustus-2021 21:30

Andaliman berpotensi ekspor ke mancanegara.
Foto : Indozone.
Andaliman berpotensi ekspor ke mancanegara.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Perdagangan terus mencari berbagai produk unggulan yang dapat menjadi komoditas ekspor nasional agar mampu menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan neraca ekspor.

Kemendag melirik andaliman, salah satu jenis rempah asal Sumatera Utara, yang dikembangkan sebagai rempah berkualitas yang berpotensi menjadi komoditas unggulan ekspor nasional.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi  menegaskan rempah-rempah Indonesia yang bernilai tambah dapat meningkatkan daya saing di  pasar ekspor.

“Andaliman merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang memiliki potensi ekspor yang sangat besar.  Untuk itu, diperlukan pengembangan produk agar sesuai dengan  permintaan pasar internasional,” ungkap Didi.

Plt. Direktur  Pengembangan Produk Ekspor Marolop Nainggolan, menambahkan andaliman harus  memiliki nilai jual dan nilai tambah serta keunikan yang menjadikan identitas merek produk agar  dapat bersaing dengan produk rempah-rempah lainnya.

“Untuk itu, diperlukan pengolahan yang tepat sesuai dengan permintaan pasar internasional.  Selain itu, dibutuhkan pengetahuan produk yang mendalam untuk pengembangan komoditas  andaliman ini, termasuk aspek program jangka pendek dan jangka panjang, strategi pemasaran yang tepat, persyaratan yang dibutuhkan untuk pasar ekspor, serta sertifikasi produk yang  diperlukan untuk menembus pasar ekspor,” ujar Marolop dalam siaran persnya, Kamis, (5/8/2021)

Menurut Marolop, Andaliman tidak boleh hanya dikenal masyarakat batak toba saja, tetapi harus menyasar pasar yang lebih luas.

“Melalui webinar ini, masyarakat dan para pelaku usaha lebih mengenal andaliman sebagai salah satu rempah-rempah potensial Indonesia. Webinar ini diharapkan dapat memberikan hasil berupa penjajakan kesepakatan bisnis (bussiness matching)  yang menjadi target agenda dalam kegiatan ini,“ pungkas Marolop. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P