Netral English Netral Mandarin
15:46wib
Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang merasa pernah menjadi korban dugaan penipuan oleh anak bungsu Akidi Tio, Heriyanty. Pesawat Kepresidenan ganti warna cat dari biru langit menjadi merah putih. Pergantiam cat itu menuai pro kontra.
Hanya Ada Dua di Dunia, Ini Wisata Pemandian Air Soda yang Ada di Tarutung

Minggu, 13-Juni-2021 09:00

Pemandian air soda Tarutung, Sumatera Utara.
Foto : airyrooms.com
Pemandian air soda Tarutung, Sumatera Utara.
2

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Tahukah  Anda, ternyata Indonesia memiliki wisata unik yakni wisata air soda? Diketahui wisata air soda hanya ada dua di dunia, yang satu ada di Venezuela dan yang satu lagi ada di Tarutung, Indonesia. 

Lokasi wisata air soda ini tepatnya ada di Parbubu, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Jam operasional wisata ini biasanya dimulai dari pukul tujuh pagi, hingga pukul tujuh malam. 

Founder Organisasi Sosial Bisukma Erikson Sianipar mengakui, Tarutung memiliki potensi sumber daya unik yang kuat. Hal itu dibuktikan dengan potensi sumber daya religi, sejarah, alam, dan kearifan lokalnya. 

“Salah satu keunikannya adalah keberadaan wisata air soda di Tarutung. Hanya ada dua di dunia, yang satu lagi ada di Venezuela. Ini wisata unik berkelas dunia,” ujar Erikson Sianipar saat Webinar Quo Vadis Kota Wisata Rohani Tarutung, baru-baru ini. 

Dilansir dari Buku Tapanuli Utara The Beatiful Land, Tapanuli Utara kondisi geografisnya berada di dataran tinggi. Tidak heran, di wilayah tersebut terdapat banyak bukit dan gunung, menghasilkan sumber air panas dan air soda. 

Salah satu sumber air soda yang terdapat di Desa Aek Siansimun, jauhnya sekitar 15 menit dari Tarutung. Wisata air soda telah dikelola oleh penduduk setempat menjadi pemandian umum. Tidak heran, apabila di hari libur, wisata air soda ramai dikunjungi wisatawan. 

Wisata Air Soda ini juga memiliki banyak ciri khas yang tentunya menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Salah satu cirinya adalah warna air di wisata air soda yang berwarna merah, sehingga dalam Bahasa Batak Toba disebut Aek Rara Tarutung. Aek sendiri artinya air dan rara artinya merah.

Meski nama wisatanya adalah Wisata Pemandian Air Soda, tetapi ternyata airnya tidak lengket di badan, seperti minuman bersoda. Apabila diecap, airnya cenderung terasa asin. 

Apabila datang ke wisata ini, cobalah untuk menikmati sensasi mandi di Air Soda ala Tarutung ini. Bila mandi di lokasi pemandian ini, tubuh kita ternyata akan berbusa bagaikan air soda. 

Tidak hanya itu saja, ternyata mandi di Air Soda Tarutung juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya membuat tubuh kita terasa halus. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati, pasalnya mata akan terasa perih apabila terkena cipratan air. 

Usut punya usut, pemandian ini awalnya dikelola oleh Seorang Bidan, Minar Sihite yang saat itu tengah pulang ke kampung halamannya di Tarutung. Tak diduga, wanita itu berjalan dan menemukan lokasi air soda yang ditumbuhi semak belukar. 

Pada kisah yang berbedar, dia juga pernah didatangi oleh Sahala Oppung melalui mimpi. Sahala Oppung lantas memberikannya wasiat untuk mengembangkan lokasi yang ditemukannya itu, dengan mempersiapkan tujuh pohul itak atau lampet yang dibungkus dengan daun pisang sebagai persembahan kepada alam. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP