Netral English Netral Mandarin
09:59wib
Barcelona mengonfirmasi bahwa mereka akan berpisah dengan megabintang Lionel Messi karena tidak menandatangani kontrak baru. Valentino Rossi pada Kamis di Austria telah membulatkan tekad untuk menutup kariernya di MotoGP dalam 25 tahun terakhir ini setelah musim 2021 usai.
Harga Daun Talas Kering Tembus US$3 per Kg, Banyak Dibutuhkan AS dan Australia

Jumat, 28-Mei-2021 09:30

Daun talas yang telah dikeringkan banyak diminati di Australia.
Foto : kemlu.go.id
Daun talas yang telah dikeringkan banyak diminati di Australia.
13

SEMARANG, NETRALNEWS.COM - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan potensi besar ekspor daun talas yang sudah dikeringkan yang bisa menjadi peluang untuk perekonomian petani di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

"Pangsa pasar daun talas kering ke Australia dan Amerika Serikat masih terbuka lebar," kata wali kota yang akrab disapa Hendi itu dalam siaran pers di Semarang, Kamis (27/5/2021).

Ia menyebut terdapat satu perusahaan si Kota Semarang yang sudah mulai ekspor daun talas kering ke Australia.

Menurut dia, kebutuhan daun talas kering ke kedua negara itu mencapai sekitar 10 kontainer setiap pekannya dengam harga jual 3 dolar AS per kg.

Oleh karena itu, ia meminta Dinas Pertanian untuk mulai menyosialisasikan potensi bernilai ekonomi tinggi tersebut kepada para petani di Semarang.

Ia mengungkapkan luasan lahan produktif pertanian di Kota Semarang ini mencapai 2.300 ha.

"Saudara kita yang masih memiliki lahan pertanian bisa ikut membudidayakan tanaman talas, khususnya mengolah daunnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi," katanya, seperti dilansir Antara.

Sebagai informasi, daun talas kering banyak digunakan di Australia sebagai bahan baku pengganti tembakau juga bahan untuk membuat pupuk kompos.

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP