Netral English Netral Mandarin
00:55wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Hari Kopi Sedunia, Ini 10 Manfaat Konsumsi Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jumat, 01-Oktober-2021 10:35

Variasi minuman kopi.
Foto : freepik.com
Variasi minuman kopi.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia. Kopi sendiri memang dikenal sebagai salah satu minuman paling populer di dunia. 

Kopi begitu populer, salah satunya berkat tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi bermanfaat, serta cukup menyehatkan.  Ada studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena beberapa penyakit serius. 

Seperti berikut ini, 10 manfaat konsumsi kopi bagi kesehatan Anda, seperti dilansir dari laman Healthline, Jumat (1/10/2021):

Baca Juga :

1. Meningkatkan Energi dan Membuat Anda Cerdas

Kopi dapat membantu orang mengurangi rasa lelahnya, karena mengandung stimulan yang disebut kafein. Kafein adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Baca Juga :

Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Dari sana, ia berjalan ke otak Anda. Di otak, kafein memblokir adenosin neurotransmitter penghambat. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat.

Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi dan fungsi mental.

Baca Juga :

2. Membantu Membakar Lemak 

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak komersial. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda sebesar 3-11 persen. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Dapat Meningkatkan Performa Fisik 

Secara drastis Kafein merangsang sistem saraf Anda, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi itu juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah Anda. Ini adalah hormon fight-or-flight, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens.

Kafein memecah lemak tubuh, membuat asam lemak bebas tersedia sebagai "bahan bakar". Mengingat efek ini, tidak mengherankan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama, saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin. Untuk beberapa alasan, peminum kopi secara signifikan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50 persen lebih rendah terkena penyakit ini. Satu studi menunjukkan pengurangan setinggi 67 persen. 

Menurut ulasan besar dari 18 studi yang melibatkan 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7 persen penurunan risiko diabetes tipe 2.

5. Dapat Melindungi Anda Dari Penyakit Alzheimer dan Demensia 

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini sejak awal.

Upaya yang bisa dilakukan seperti makan sehat dan berolahraga, tetapi minum kopi mungkin juga sangat efektif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65 persen lebih rendah.

6. Dapat Menurunkan Risiko Parkinson 

Penyakit Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat di belakang Alzheimer. Ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak Anda. 

Seperti halnya Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui, yang membuatnya jauh lebih penting untuk fokus pada pencegahan.

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko mulai dari 32-60 persen. Dalam hal ini, kafein itu sendiri tampaknya bermanfaat, karena orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki risiko Parkinson yang lebih rendah.

7. Dapat Melindungi Hati 

Hati adalah organ luar biasa yang menjalankan ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya. Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati Anda sebagian besar digantikan oleh jaringan parut.

Menariknya, kopi dapat melindungi terhadap sirosis – orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah.

8. Dapat Melawan Depresi dan Membuat Anda Lebih Bahagia 

Depresi adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Dalam sebuah studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

Studi lain pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki kemungkinan 53 persen lebih kecil untuk meninggal karena bunuh diri.

9. Dapat Menurunkan Risiko Jenis Kanker Tertentu 

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh Anda. 

Kopi tampaknya melindungi terhadap dua jenis kanker: hati dan kanker kolorektal. Kanker hati adalah penyebab utama kematian akibat kanker ketiga di dunia, sementara kanker kolorektal menempati urutan keempat.

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40 eprsen lebih rendah. Demikian pula, satu penelitian pada 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.

10. Cegah Penyakit Jantung dan Menurunkan Risiko Stroke 

Sering diklaim bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Ini benar, tetapi dengan kenaikan hanya 3-4 mm/Hg, efeknya kecil dan biasanya hilang jika Anda minum kopi secara teratur. Namun, itu mungkin berlaku pada beberapa orang, jadi ingatlah itu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Meskipun demikian, penelitian tidak mendukung gagasan bahwa kopi meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, ada beberapa bukti bahwa wanita yang minum kopi memiliki penurunan risiko sakit jantung. Selain itu beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP