Netral English Netral Mandarin
17:06wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Hari Kopi Sedunia Ini Cara Buat Masker Kopi dan Manfaat Tak Terduga Bagi Wajah Anda

Jumat, 01-Oktober-2021 11:20

Menggunakan masker kopi.
Foto : fabhow.com
Menggunakan masker kopi.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anda mungkin mengandalkan secangkir kopi pagi untuk meningkatkan energi dan metabolisme Anda setiap hari. Sementara kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif atau masker untuk kulit. 

Ini berkat antioksidannya, termasuk fenol yang membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

Kopi juga dapat dibuat menjadi bahan masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar untuk dioles secara langsung ke kulit. 

Baca Juga :

Di bawah ini adalah delapan manfaat yang diklaim kopi untuk kulit Anda, serta cara membuat masker yang bisa jadi rekomendasi Anda, seperti dilansir dari laman Healthline, Jumat (1/10/2021):

1. Pengurangan selulit 

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Diperkirakan bahwa kandungan kafein dalam kopi adalah kunci pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada gilirannya, ini dapat membantu mengurangi munculnya selulit. 

Metode perawatan kulit ini dianggap paling baik digunakan melalui scrub kopi, karena pengelupasan kulit juga dapat menghaluskan kulit Anda dan memberikan penampilan yang merata.

Baca Juga :

2. Efek menenangkan 

Sementara kopi terkenal dengan efek stimulasinya di dalam tubuh, kopi dapat memberikan efek sebaliknya yakni menenangkan ketika dioleskan ke kulit. Ini berkat antioksidan dalam kopi. 

3. Manfaat anti-penuaan 

Mengaplikasikan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus. Faktanya, satu studi menemukan korelasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek photoaging.

5. Mengurangi peradangan 

Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat (CGA) serta melanoidin dalam kopi. CGA juga terkait dengan pengurangan hiperpigmentasi yang mungkin berhubungan dengan peradangan. 

6. Perawatan jerawat 

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. 

CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat.

7. Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

Kopi juga dapat membantu mengatasi lingkaran hitam yang membandel di bawah mata, menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals. 

Kandungan kafein dalam kopi diduga membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi terhadap lingkaran hitam. 

Untuk membantu menghilangkan lingkar hitam di bawah mata bisa dilakukan tips berikut: 

Campurkan bubuk kopi dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1, beri beberapa tetes air sehingga membentuk seperti pasta kopi. Oles dengan lembut di bawah mata Anda tanpa menggosok. 

Biarkan selama lima sampai sepuluh menit. Bilas dengan air atau bersihkan masker dengan kain lembut. Ulangi sesuai kebutuhan.

8. Perawatan terbakar sinar matahari

Untuk perawatan kulit berbasis kopi dalam mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari: 

Seduh secangkir kopi segar. Kemudian, encerkan dengan air dingin. Tempatkan kain lembut di dalam air dan peras kelebihannya. 

Oleskan kain dengan lembut pada area kulit yang terbakar sinar matahari. Ulangi beberapa kali sehari sampai kemerahan dan bengkak mulai mereda.

Cara Membuat Masker Kopi 

Ada banyak cara berbeda untuk membuat masker kopi sendiri di rumah. Cara terbaik adalah mencampur bubuk kopi dengan bahan noncomedogenic (artinya tidak akan menyumbat pori-pori Anda). 

Berikut salah satu resep untuk dicoba: 

Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama. Oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar. 

Biarkan masker antara 15 dan 60 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali per minggu.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP