Netral English Netral Mandarin
02:53wib
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak mencari Perang Dingin baru dengan China. Sejumlah jaringan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di berbagai daerah menyoroti kasus-kasus dugaan kriminalisasi petani jelang Hari Tani Nasional.
Hari Terakhir Long Weekend, Cobain Deh Masak Resep Petis Kangkung Murah dan Sedap Ini

Minggu, 04-April-2021 12:00

Petis kangkung.
Foto : craftlog.com
Petis kangkung.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Long Weekend Hari Paskah akan segera berakhir. Untuk Anda yang staycation alias tidak ke mana-mana, lebih enak menutup libur panjang ini dengan memasak makanan yang murah tapi tetap menggugah selera, Petis Kangkung.

Dimakan dengan nasi pulen yang panas dan Kerupuk atau goren tempe dan tahu, Petis Kangkung ini pasti membuat makan siang/malam Anda lahap. Untuk Anda yang lagi kurang nafsu makan? Mungkin lauk sederhana dari kangkung ini menggugah selera.

Kangkung dengan paduan sambal yang pedas, manis, asam dan segar.

Kangkung sering disebut gulma padahal tanaman yang tumbuh subur di tepi sawah atau air ini punya banyak nutrisi. Harganya murah dan gampang diolah jadi lauk enak.

Ada kangkung cabut yang berakar, ada juga kangkung sawah yang lebih tebal dan renyah. Keduanya paling sedap diolah dengan bumbu pedas. Seperti sambal petis atau pelecing.

Kalau mau ditumis kangkung bisa ditambah udang, cabe atau tauco dan terasi. Kangkung rebus dengan sambal petis khas Jawa Timur ini rasanya renyah, pedas, manis gurih. Dicocol dengan tahu goreng rasanya makin mantap. Bikin yuk!

Resep Petis Kangkung

Bahan :2 ikat kangkung1 sdm petis udang2 buah jeruk limauSambal:5 buah cabe merah keriting5 buah cabe rawit merah1 sdt terasi goreng2 iris pisang batu muda, jika suka1 potong kecil gula merah1 sdt garamPelengkap:3 potong tahu Sumedang/tahu goreng

Cara Membuat :Petiki kangkung dan potong sekitar 3 cm panjangnya. Cuci kangkung hingga bersih lalu tiriskan.Rebus kangkung dalam air mendidih secukupnya lalu tiriskan.Rendam kangkung dalam air es hingga dingin lalu tiriskan.Sambal: Tumbuk halus semua bahan hingga halus benar.Tambahkan petis dan air jeruk limau lalu aduk hingga rata dan kental.Taruh kangkung rebus di piring saji.Tuangi sambalnya dan sajikan dengan potongan tahu goreng.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP