Netral English Netral Mandarin
03:14wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Harusnya 15 Menit, Operasi Anang Hermansyah Ngaret Jadi 3 Jam Karena Ini

Rabu, 23-Juni-2021 12:00

Anang dan istrinya Ashanty.
Foto : Instagram Ashanty
Anang dan istrinya Ashanty.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabar tidak mengenakkan datang dari keluarga artis, Musisi Anang Hermansyah dan Penyanyi Ashanty. Anang dikabarkan menjalani sebuah operasi karena alami gangguan kesehatan, batu ginjal. 

Anang lantas dibawa ke sebuah rumah sakit untuk menjalani operasi batu ginjal. Ashanty turut setia mendampingi suaminya yang diduga kurang minum air putih. 

Pada tayangan Youtube keluarga, Anang sempat melalui pemeriksaan tes Covid-19 sebelum menerima tindakan operasi. Anang juga sempat diperiksa oleh tim medis sebelum melakukan tindakan operasi. Setelah mengetahui hasilnya negatif, Anang lantas mengganti pakaian dan mengenakan penutup kepala. 

Mantan Suami Penyanyi Krisdayanti (KD) itu kemudian didorong masuk ke dalam ruang operasi. Sedangkan Ashanty menunggu dengan cemas, suaminya yang ternyata sudah lama alami gangguan batu ginjal. 

Kecemasan Ashanty salah satunya berasal dari durasi waktu operasi yang ngaret. Bagaimana tidak, Anang dan Ashanty diberi tahu bahwa operasi akan berlangsung selama 15 menit tetapi ternyata ngaret hingga tiga jam. 

"Katanya 15 menit, ternyata jadinya tiga jam. Itu makanya yang buat aku setiap setengah jam minta di cek kenapa. Soalnya dibilangnya 15 menit kan," ujar Ibu Sambung dari Penyanyi Aurel Hermansyah ini, dikutip dari tayangannya, Rabu (23/6/2021).

Dijelaskan Ashanty, proses operasi yang harusnya 15 menit menjadi tiga jam dikarenakan ada batu ginjal-batu ginjal tak terduga lainnya yang harus ditangani. Meski demikian, Ashanty bersyukur karena operasi berjalan dengan lancar. 

Ibu dari dua anak itu menduga, apa yang dialami oleh suaminya berawal dari kebiasaan kurang minum. Diakui Ashanty, semasa masih berpacaran, Anang tampak jarang minum. Menurutnya, itulah salah satu faktor penyebab adanya batu ginjal yang ukurannya sudah mencapai sekitar 4-5cm. 

Ashanty sempat mengusulkan agar Anang melakukan tindakan penanganan batu ginjal di Turki. Seperti diketahui keluarga artis ini baru saja pulang dari negara timur tengah itu, salah satunya untuk pengobatan autoimun Ashanty. Tetapi Anang menolak, karena dia merasa sudah nyaman dengan dokter yang menanganinya di Indonesia. 

Saat ke Turki, Anang juga ternyata dipasang sebuah alat berupa selang di tubuhnya selama tiga bulan. Anang lantas mengulur-ngulur waktu untuk kembali check up ke dokter, salah satunya karena faktor pandemi dan karantina yang harus dijalani sepulang dari luar negeri. 

Hingga akhirnya Anang sempat mengalami pendarahan saat buang air kecil. Maka dari itu keluarga memutuskan untuk melepas selang serta operasi batu ginjal. 

Di sisi lain, Ashanty stres pasalnya selain menemani Anang yang harus operasi, kedua anaknya yang ditinggal di rumah rewel. Belum lagi sang anak sambung, Azriel Hermansyah yang sedang di rawat di rumah sakit di Bali karena gejala tifus. 

"Itu yang sedih dan berat. Ya itu yang buat stres," ujar Ashanty.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP