Netral English Netral Mandarin
19:11wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Hasil Riset: Generasi Muda Ternyata Kurang Sehat Finansial

Kamis, 19-Agustus-2021 20:53

Ilustrasi keuangan.
Foto : Istimewa
Ilustrasi keuangan.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Riset dari OCBC NISP Financial Fitness Index mencatatkan generasi muda Indonesia menjadi salah satu yang memiliki literasi keuangan yang rendah.

Rata-rata kesehatan finansial hanya mencapai 37,72, jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 61.

Hasil riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3 persen anak muda yang terlihat berusaha menuju ‘sehat’ finansial, tetapi nyatanya kondisi mereka masih belum ideal.

Hal ini salah satunya dikarenakan pemahaman para generasi muda yang masih tidak tepat dan lengkap terkait kekayaan dan bagaimana mengelola keuangan.

Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit mengatakan, di pemberitaan media, ada fenomena ikutan tren investasi saham tetapi menggunakan uang hasil hutang, atau nekat terjun ke crypto currency menggunakan uang sekolah atau tabungan nikah.

“Akses masyarakat pada produk dan layanan keuangan yang terus meningkat ternyata tidak selalu membawa dampak positif, khususnya di generasi muda jika mereka tidak dibekali dengan pemahaman keuangan yang baik,” kata Ka Jit secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukan 85,6 persen generasi muda terlihat "kurang sehat" secara finansial dan perlu segera memeriksanya.

Sementara itu, sisanya terlihat sehat, tetapi ternyata masih banyak hal yang perlu diperbaiki.

“Generasi muda harus segera melakukan Financial Fitness Check Up sebagai langkah awal untuk memperbaiki kesehatan finansial mereka, dan jangan asal mengikuti tren keuangan atau ajakan investasi teman yang belum tentu tepat,” jelas dia.

Director Customized Intelligence NielsenIQ Indonesia Inggit Primadevi mengingatkan pentingnya kesehatan finansial bagi generasi muda.

Dengan mengecek skor finansial, maka para generasi muda bisa menjadikan skor tersebut sebagai tolak ukur untuk mengambil langkah kongkrit meraih kondisi kesehatan finansial.

“Riset juga menunjukan empat faktor utama bagaimana meningkatkan kesehatan finansial generasi muda, yakni dengan membuat alokasi anggaran, membuat pencatatan sederhana pengeluaran, konsultasi dengan financial planner dan terus belajar pengaturan keuangan,” jelas dia.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian