Netral English Netral Mandarin
16:32wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Hasil Survei Indostrategic, Anies-AHY Berpotensi Menangi Pilpres 2024

Rabu, 04-Agustus-2021 18:30

Gubernur Anies dan AHY di Balaikota
Foto : Istimewa
Gubernur Anies dan AHY di Balaikota
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lembaga Survei Indostrategic menyebut, duet Gubernur DKI Anies Baswedan - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpotensi menang Pilpres 2024.

Simulasi tersebut dikeluarkan Indostrategic, setelah hasil survei elektabilitas keduanya berada diatas pasangan lainnya.

"Paling tinggi Anies Baswedan-AHY 20,25 persen," kata Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam.

Sementara, di posisi kedua terdapat pasangan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua DPR Puan Maharani. Elektabilitas pasangan ini sebesar 14,65 persen.

Umam menjelaskan, alasan yang membuat pasangan Anies-AHY bisa menduduki posisi itu lantaran banyak dari masyarakat menginginkan hadirnya calon pemimpin baru.

Meski begitu, kata dia, pasangan ini membutuhkan kerja keras karena Anies tidak punya dukungan politik yang rill.

Dukungan tersebut hanya berada pada AHY yang dalam hal ini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat.

"Bagaimanapun Anies tidak punya dukungan politik riil. Harus meyakinkan partai politik mitra untuk membentuk koalisi," ujarnya.

Di sisi lain, meskipun pasangan Prabowo-Puan berada di posisi kedua, tapi pasangan ini memiliki dukungan partai yang riil dan kuat. Menurutnya, hasil survei elektabilitas ini bisa saja didorong dengan kekuatan mesin politik partai.

"Memang mesin politik menentukan, angka ini berpotensi terboosting lebih tinggi," tutur dia.

Selain dua pasangan di atas, Indostrategic juga melakukan simulasi terhadap pasangan lainnya. Akhirnya, muncul pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil yang elektabilitasnya 8,05 persen, kemudian Ridwan Kamil-Sandiaga Uno 7,35 persen, dan Prabowo-Ridwan Kamil 5,13 persen.

Untuk diketahui, Indostrategic menggelar survei tatap muka pada 23 Maret - 1 Juni 2021. Survei ini mengambil responden sebanyak 2.400 dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP