Netral English Netral Mandarin
07:20wib
Sebanyak 1.296 sekolah menjadi klaster Covid-19 di saat pembelajaran tatap muka (PTM) diduga akibat penularan. Sejumlah sumber di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sudah ditetapkan sebagai tersangka
Hati-hati dengan Hasil Swab Antigen Negatif

Rabu, 07-Juli-2021 22:00

  Hati-hati dengan Hasil Swab Antigen Negatif
Foto : IasEdu
Hati-hati dengan Hasil Swab Antigen Negatif
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter RA Adaninggar, SpPD mengingatkan masyarakat agar hati-hati dengan swab antigen negatif.

“Akhir-akhir saya banyak mendapatkan cerita banyak orang didiagnosis langsung bukan Covid hanya dengan 1x pemeriksaan swab antigen negatif tapi kemudian sekeluarga sakit semua. Bahkan ada yang sampai meninggal, lalu setelah diperiksa ulang memang PCRnya positif tapi karena terlanjur merasa bukan Covid -ya akhirnya gak isolasi dan menulari banyak orang,” tulis dr Ningz, di akun Instagramnya, Rabu, (7/7/2021).

Ia menambahkan adalagi cerita pasien bergejala, hasil swab antigennya positif tapi setelah dilanjutkan PCR hasilnya negatif kemudian yang dipercaya adalah hasil PCRnya akhirnya sama menulari orang banyak bahkan saat terjadi perburukan gejala juga ga ketahuan karena dianggap bukan Covid

“Mari kita semua belajar bahwa sekali lagi saya ingatkan, semua alat test diagnostik itu mempunyai tingkat akurasi tertentu jadi tidak bisa dibaca secara sembarangan. Negatif itu belum tentu tidak sakit dan Positif itu belum tentu sakit. Selalu konsultasikan ke dokter, jangan mendiagnosis diri sendiri,” tandas dr Ningz.

Tapi di sisi lain, dokter juga harus banyak belajar  karena tidak sedikit pula, salah diagnosis seperti ini memang dilakukan para dokter. 

“Bahkan banyak banget lo Covid yang didiagnosis tifus. Yuk belajar lagi beda gejalanya dan beda perjalanan penyakitnya karena diagnosis TIFUS itu juga bukan hanya dari tes wisal. pikirkan akibatnya, penularan dan monitor penyakit yang buruk,” pungkasnya."

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati