Netral English Netral Mandarin
22:43wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Heboh Ceramah Ustaz Sebut Penyanyi adalah Profesi Rendahan dan Haram, Netizen: Ribet Banget Hidup Lu!

Kamis, 16-September-2021 12:20

Tangkapan Layar Viral video sebut menyanyi itu haram
Foto : Kolase Netralnews
Tangkapan Layar Viral video sebut menyanyi itu haram
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di sosial media kembali viral video yang menyebut-nyebut bahwa penyanyi adalah profesi rendahan dan uang yang dihasilkan adalah haram.

Banyak warganet protes dengan ceramah tersebut. Di akun FB Mak Lambe Turah, Kamis 16 September 2021, sejumlah netizen mencuit keras. 

MLT: “Bang haji Roma ama bunda Elvy bakal puyeng liat video ini.. Note: seperti biasa..bagian atas dipotong.”

Anucara: “Ustad lambe sales. Ustad youtuber ngejar view & sub. Youtube haram ga tad?"

Tini Jayadi: “Fatwa spt ini apa mmg ada di dlm kitab sucinya ya Mak? Lha di sorga itu para malaikat menyanyi utk memuliakan Tuhan lho .....!!!”

Dhe Sari: “Ribet bgt idop lo.”

Di Amei Pangestu: “Kamu ngoceh ngk jls ...juga org rendahan.”

Untuk diketahui, sebuah kajian dari seorang ustaz yang mengatakan bahwa menyanyi adalah profesi rendahan tersebar luas di media sosial.

Kutipan kajian singkat satu menit tersebut diunggah oleh grup Facebook Kajian Sunnah pada tahun 2019 lalu. Video lama ini kembali menjadi perbincangan di media sosial Twitter salah satunya diunggah oleh akun Twitter @Silalahilngan.

Pada kajiannya, seorang ustaz bernama Sofyan Chalid Ruray menuturkan bahwa pada zaman sahabat nabi para penyanyi dihukum begitu pula yang menyanyi.

"Dulu para penyanyi dimasa sahabat dihukum dan yang menyanyi dimasa sahabat dulu begitu pula masa Tabi'in dan Tabi'ut tabi'in yang menyanyi adalah budak," tuturnya.

Kemudian, pada masa tabi'in dan Tabi'ut tabi'in mereka yang menyanyi tergolong budak atau orang rendahan.

Apabila seseorang diketahui berprofesi sebagai seorang penyanyi, maka harga orang tersebut menjadi murah di pasar budak.

Ustaz Sofyan juga menambahkan bahwa hukum menyanyi adalah haram. Tak hanya itu, hasil dari menyanyi pun hukumnya haram.

"Haram hukumnya hasil dari menyanyi, sepakat seluruh ulama tidak ada perbedaan pendapat," pungkasnya dalam video seperti dinukil Suara.com.

Video ini kemudian mengundang berbagai reaksi dari warganet.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Irawan HP