Netral English Netral Mandarin
15:16wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
Heboh Jokowi Bakal Lanjutkan Proyek Hambalang, Netizen:  Kerajaan Lelembut Bakal Dibangun, Kasian Lelembutnya Gak Punya…

Selasa, 16-Maret-2021 16:46

Presiden Joko Widodo
Foto : Kemsos
Presiden Joko Widodo
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan kembali megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Jawa Barat yang sudah bertahun-tahun mangkrak atau terbengkalai.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Hambalang akan disulap menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Zainudin dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2021).

Netizen langsung menyoroti berita tersebut. Di akun FB Mak Lambe Turah, sejumlah warganet memberikan tanggapan kocak.

MLT: “Wih mangstap pakde.”

Habshy Rayyan ZulVa: “Wauuu..."

Merry Malang: “Keren bpk presidenku.”

Derry Nurmansyah: “Tuhan tidak suka, kata beye.”

Elok Simpuss: “Kerajaan lelembut mau dibangun, Kasian lelembutnya gak punya tempat Pak.”

Lukman Gombong: “Aaku jadi malu.”

Untuk diketahui, Hambalang bukan satu-satunya proyek yang akan dikebut pemerintah. Masih ada proyek lainnya yang juga akan dibuat untuk para atlet nasional.

"Kami akan buat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah, dan yang paling mendasar adalah talenta ketika di sekolah dasar," ucapnya.

Kabar pemerintah membangkitkan kembali Hambalang memang sudah terendus sejak lama. Jokowi menjanjikan akan melanjutkan Proyek peninggalan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sejak 2016, namun hingga kini belum juga terealisasi.

Kala itu, Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengkaji kemungkinan untuk melanjutkan proyek tersebut. Setidaknya, ada dua arahan khusus Jokowi terkait proyek Hambalang.

Apa arahan khusus dari Jokowi?

Pertama, kepala negara memerintahkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit secara menyeluruh proyek tersebut. Kedua, berkaitan dengan audit teknis yang mencakup kelayakan proyek secara struktur.

Berdasarkan catatan detikcom, proyek Hambalang mulai dapat izin mendirikan bangunan pada 2010 lalu dan targetnya akan selesai Desember 2012. Kala itu PT Adhi Karya menjadi salah satu perusahaan pemegang tender proyek.

Dikunil detik.com, Proyek yang menyedot anggaran sekitar Rp 2,5 triliun itu digadang-gadang bakal menjadi pusat pelatihan olahraga yang bertaraf Internasional. Namun selama pembangunannya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus adanya praktek korupsi yang dilakukan sejumlah pihak.

KPK melihat adanya 'kongkalikong' antara sejumlah pihak sejak perencanaan pembangunan proyek ini. Sejumlah nama pun terlibat dalam skandal korupsi Hambalang mulai dari eks Menpora era Presiden SBY Andi Mallarangeng, eks Direktur Operasional PT Adhi Karya (Persero) Teuku Bagus Mukhamad Noor, hingga eks Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Dalam audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), total kerugian negara dari proyek Hambalang mencapai Rp 706 miliar. Jumlah tersebut didapat dari hasil audit investigasi BPK pada periode 2012-2013 yang sudah dikukuhkan di pengadilan dalam beberapa kasus korupsi, yang melibatkan nama-nama petinggi pemerintahan kala itu.

Selain itu, BPK juga menemukan adanya pembayaran atas proyek Hambalang yang digelembungkan hingga Rp 514 miliar. Laporan ini, pun telah diserahkan kepada BPKP untuk ditindaklanjuti.

Sejak adanya praktek korupsi itu, proyek pembangunan Hambalang dihentikan. Apakah Jokowi berhasil melanjutkan kembali megaproyek Hambalang? Kita tunggu saja 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto