Netral English Netral Mandarin
20:26wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Heboh Nikah Siri Bisa Dapat KK, Netizen: Semena-mena terhadap Istri Sah, Bubarkan Pernikahan Resmi!

Jumat, 08-Oktober-2021 04:49

Ilustrasi pernikahan siri
Foto : Kolase Netralnews
Ilustrasi pernikahan siri
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabar pernikahan siri dapat terima Kartu Keluarga (KK) membuat warganet heboh. Tak sedikit yang mengecam dan menolak kebijakan tersebut.

Hal ini seperti tercermin dalam akun FB Mak Lambe Turah, Kamis malam 7 Oktober 2021. Bahkan ada netizen yang menuntut pembubaran lembaga pernikahan resmi.

MLT: “PERTANYAANNYA NANTI YANG PEGANG KK ISTRI SAH APA ISTRI SIRI?? APA BAPAK KEMENDAGRI TIDAK TAHU ATAU TIDAK MAU TAHU DENGAN MASALAH BARU YANG AKAN DIHADAPI PARA ISTRI SAH. HERAN SAMA ATURAN NEGARA INI SEMENA-MENA TERHADAP HAK-HAK ISTRI SAH!!! KALAU NIKAH SIRIH BISA DAPAT KK, UNTUK APA ADA NIKAH RESMI. BUBARKAN LEMBAGA PERNIKAHAN RESMI!!”

Baca Juga :

水跟當火: “Ter lalu LUCU dagelan di negeri antah berantah plus 62. Judule ki p0ligami menyalurkan hasrat yg terlalu tinggi. sampe2 rudalnya nyasar2 gax karuan. pasti saran dari Partai K utamakan Selangkangan ini mah."

Cicik Auw: “Hadewww nikah siri jadi trending nih.”

Baca Juga :

Rustiyani: “Nggak lucu deh.”

Dian Nitami Seklayu: “Urusan poligami batal skrg urusan nikah sirih, nikah kapur, nikah gambir...terus nikah susur... ( dadi kinang).”

Baca Juga :

Ramdani To Ahmad: “Alhamdulillah saya bukan kader Partai Kakek Sugiono.”

Aurora Fajar: “Didemo aja biar gak diberlakukan aturannya. kalau kayak gini yg untung suami bisa nikahi banyak wanita.”

Untuk diketahui, pasangan suami-istri yang nikah siri bisa dimasukkan ke satu kartu keluarga atau KK. 

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh memaparkan pada prinsipnya, semua penduduk Indonesia wajib terdata dalam KK. Namun, untuk pasangan nikah siri, Zudan menegaskan, Dukcapil tidak dalam posisi menikahkan, melainkan hanya mencatat telah terjadinya pernikahan.

Zudan mengatakan nantinya dalam KK itu akan ada informasi mengenai bahwa pernikahan tersebut belum tercatat oleh negara.

"Nanti di dalam kartu keluarga akan dicatat nikah belum tercatat atau kawin belum tercatat," kata Zudan seperti dinukil detik.com, Kamis (7/10/2021).

Dukcapil DKI Jakarta bisa membuatkan Kartu Keluarga bagi pasangan nikah siri. Syaratnya, melampirkan surat nikah siri dan KTP.

"Untuk buat KK bisa kami lakukan bagi pasangan yang menikah siri, namun yang tertera dalam KK statusnya kawin belum tercatat. Persyaratannya melampirkan surat nikah siri dan KTP-nya aja," ujar Plt Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin, secara terpisah.

Dalam dokumen KK pasangan nikah siri, secara umum hampir sama dengan KK pada umumnya. Hanya, dalam tabel di kolom Status Perkawinan tertulis 'Kawin Belum Tercatat'.

Budi mengatakan pembuatan KK untuk pasangan nikah siri di Jakarta sudah terbilang banyak. Hanya, Budi belum bisa menyampaikan data pasti.

"Harus dicek dulu. Dihitung di sistem. Sudah lumayan banyak sih," jelas dia.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati