Netral English Netral Mandarin
14:28wib
Barcelona yang tumbang di tangan Bayern Munich sehingga dipastikan tersingkir dari ajang Liga Champions 2021-2022. Hasil analisis dan investigasi penyidik Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terhadap beberapa kecelakaan bus Transjakarta menunjukkan sebagian besar disebabkan oleh faktor kesalahan manusia.
Heboh! UAS Sebut Mikrofon dan Kubah Masjid Buatan Kafir tapi Boleh Dipakai, Netizen: Artinya Butuh Banget Orang Kafir toh?

Rabu, 21-Juli-2021 08:01

Ustaz Abdul Somad
Foto : Langgam.id
Ustaz Abdul Somad
47

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ustaz Abdul Somad (UAS) kembali menyampaikan pernyataan kontroversial. Kali ini ia menyebut Mikrofon dan Kubah Masjid Buatan Kafir tetapi boleh digunakan. 

Sontak warganet berkomentar pedas terhadap pernyataan tersebut. Di akun FB Mak lambe Turah, Rabu 21 Juli 2021, banyak netizen mengecam UAS.

MLT: “Udah jelas kan gaesssss????”

Bango Samparan: “Pesawat terbang untuk naik haji juga buatan kafir, termasuk hp-nya lek somad. Viva kafir.”

Nur Lahamudin: “Si somplak masih berkutat soal kafir n non kafir...”

Wee Jee: “CAKIL.”

Idawati Manru: “Artinya butuh bangat sama org kafir toh.”

Ross Dalima Gawas: “Trima kasih KAFIR kaum cerdas dan berachklak..”

Indro Adrianto Permono: “Biasa cari panggung. Klo ga begini ya ga makan.”

Ustaz Abdul Somad atau UAS sebut mikrofon dan kubah masjid buatan kafir namun tetap boleh digunakan.

UAS sebut mikrofon dan kubah masjid buatan kafir namun tetap boleh digunakan selama diambil maslahatnya.

Video UAS sebut mikrofon dan kubah masjid buatan kafir namun tetap boleh digunakan viral di media sosial usai diunggah netizen Ari Irawan, Rabu (14/7/2021).

Dalam video tersebut, UAS berceramah di atas panggung. UAS sebut umat Islam tak bisa dipisahkan dari benda buatan kafir.

UAS menyebutkan benda buatan kafir itu salah satunya adalah mikrofon atau pengeras suara.

Kata UAS, mikrofon merupakan benda buatan nonmuslim. Pasalnya, kata UAS, seandainya barang itu buatan orang Islam maka pasti tulisanya bukan on atay off melainkan al hayyah wa al maut.

“Mikrofon ini siapa yang buat nih? Mikrofon ini yang buat orang kafir. Makanya tulisannya on dan off. Kalau buatan Islam, pasti (tulisannya) al hayyah wa al maut,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Selanjutnya, UAS juga menyebut bahwa lampu dan kubah masjid murni buatan orang kafir di Roma Italia dan bukan dibuat oleh umat Islam.

“Ini lampu, ini yang buat orang kafir. Masjid itu kubahnya dari Roma dan Roma itu nonmuslim,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa bangunan menara yang biasa ditemukan di rumah ibadah juga hasil buatan orang kafir.

Sebab, kata UAS, bangunan menara tersebut pertama kali ditemukan di Yunani. Bahkan, menara itu sendiri menurutnya berasal dari kata ‘nar’ yang artinya api.

“Menara itu dari mana? Menara itu di Mesir. Lalu yang membuat siapa? Yang buat orang Yunani. Menara itu dari kata nar yang berarti api. Mana dari Islam?,” tegas Ustaz Somad.

Mengutip Terkini.id-Jaringan Suara.com, kendati menyebut mikrofon maupun kubah masjid adalah benda buatan kaum kafir namun UAS tak melarang umat Islam untuk menggunakan barang-barang tersebut.

Islam tidak melarang umatnya menggunakan alat-alat nonmuslim, selama yang diambil maslahatnya. Tidak diambil sebagai ibadah. Kecuali yang diambil ibadahnya, ritualnya, baru tak boleh. Lakum dinukum waliyadin,” ujarnya dinukil Suara.com.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi