Netral English Netral Mandarin
08:34wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Heboh Warna Pesawat Kepresidenan Berubah, Andi Arief: Entah Maksudnya Apa, Dulu Biru Warna Kamuflase

Selasa, 03-Agustus-2021 13:56

Ilustrasi Pesawat Kepresidenan
Foto : Istimewa
Ilustrasi Pesawat Kepresidenan
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politikus Demokrat, Andi Arief menanggapi perubahan warna pesawat Keprseidenan yang sebelumnya berwarna biru, kini menjadi merah. 

Ia juga mempertanyakan mengapa diubah.

“Sekarang pesawat kepresidenan berwarna merah. Entah maksudnya apa, bisa warna bendera bisa juga corona,” kata Andi Arief, Selasa 3 Agustus 2021. 

“Dulu biru. Desain dan warna karya seorang mayor desainer di TNI AU. Dominasi biru langit adalah upaya peningkatan keamanan penerbangan,  sebagai warna kamuflase saat terbang,” imbuhnya.

Sementara sebelumnya diberitakan, dalam beberapa hari terakhir, ramai perbincangan di media sosial tentang pesawat kepresidenan yang berganti warna menjadi merah putih dari sebelumnya putih biru.

Penampakan pesawat baru itu pertama kali diunggah oleh akun Instagram @adhimas_aviation dengan caption "New Livery For A-001! A-001 Blasting Out From CGK Bound To Pelabuhan Ratu For Test Fight"

Keterangan dalam foto tersebut juga menuliskan Indonesian Government A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2), seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (3/8/2021).

Unggahan tersebut lantas mendapatkan respon dari eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo. Eks menteri era Presiden SBY itu mengkritik munculnya penampakan baru dari pesawat kepresidenan.

"Kalau memang apa yang ada di IG adhimas_aviation tentang New Livery for A-001 alias Cat Baru Pesawat Kepresidenan RI" ini benar, terus terang sangat disayangkan," tulis Roy Suryo dalam akun Twitter @KRMTRoySuryo2

"Di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang tidak terkendali dan jutaan rakyat menderita, sempet-sempetnya nge-cat pesawat? Semoga hanya animasi," katanya.

Munculnya warna baru dari pesawat kepresidenan itu kemudian ditanggapi oleh pengamat penerbangan Alvin Lie. Dia menuliskan bahwa biaya untuk mengecat ulang pesawat tidaklah murah."Hari gini masih saja foya-foya ubah warna pesawat kepresidenan," kata Alvin, dalam cuitannya @alvinlie21.

Alvin mengemukakan biaya cat ulang pesawat setara B737-800 berkisar hingga US$ 100 ribu hingga US0 ribu alias setara Rp 1,4 miliar hingga Rp 2,1 miliar.

Dalam cuitannya tersebut, Alvin Lie juga mention ke akun @KemensetnegRI, @setkabgo.id, dan @jokowi.

Sementara itu, Pihak Istana Kepresidenan mengakui bahwa pesawat itu memang benar di cat ulang, namun belum menjelaskan lebih rinci.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sulha Handayani