3
Netral English Netral Mandarin
16:05 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Heboh Yudhoyono Foundation Terima Kucuran Rp9 Miliar, Netizen: Tolong Jangan Mengarang Bebas yah

Selasa, 16-Februari-2021 15:10

Agus Harimurti Yudhoyono
Foto : Berita Heboh
Agus Harimurti Yudhoyono
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jagat media sosial ramai dengan kabar pemberian dana hibah bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk Yudhyono Foundation, yayasan yang didirikan oleh Keua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kabar tersebut mengatakan bahwa Bupati Pacitan memberi dana hibah kepada Yudhyono Foundation senilai Rp 9 miliar dari APBD Kabupaten Pacitan.

Di akun FB Mak Lambe Turah, Selasa (16/2/21), berita tersebut ramai dikomentari netizen.

MLT: ""Eaaaa yang lagi rame, tolong kalian jangan mengarang bebas yah soal duid 9 milyarr Tuhan tidak suka."

Siti Khadijah: "Gubernurnya siapa yah." 

Yunita Suwito: "Uang pemprov kok digunakan yg ga ada gunanya utk kesejahteraan rakyat, buang2 duit kok utk museum perseorangan gt, dasar pejabat eda*."

Toni Sujatmiko: "Gak bohong kan pak bup?? tuhan tdk suka lhooo... "

Affifa Noor Fatemma: "Kemarinn dh baca ini. Enak Aja pk Duit rakyat untuk bikin museum pribadi." 

Fajarai Aryadi: "Saya turut prihatin."

Sebelumnya diberitakan, Bupati Pacitan Indartato saat dikonfirmasi justru membantah bahwa dana Rp 9 miliar tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Pacitan.

Menurut dia, dana hibah sebesar Rp 9 miliar itu merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi (pemprov) Jawa Timur untuk pembangunan museum kepresidenan SBY di Kabupaten Pacitan.

"Pemeritah Provinsi memberikan bantuan namanya bantuan keuangan khusus kepada pemerintah daerah untuk pembangunan museum Pak SBY," katanya seperti dinukil KOMPAS TV Pacitan, Senin (15/2/2021).

Awalnya, Indartato menceritakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pacitan mengusulkan dana bantuan untuk pembangunan Museum SBY-Ani yang berada di Pacitan kepada Pemerintah Provinsi.

Kemudian dana yang disebut sebagai bantuan keuangan khusus (BKK) itu diterima oleh pemerintah Kabupaten Pacitan pada 9 Desember 2020 lalu.

Dana tersebut selanjutnya dimasukkan dalam APBD Kabupaten Pacitan Tahun 2021.

"Karena keluarnya tanggal 9 Desember 2020, pemerintah daerah juga tidak berani untuk memberikan ke museum, akhirnya dianggarkan pada APBD 2021," jelasnya.

Indartato menambahkan, dukungan pemprov terhadap pembangunan Museum Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan itu bukan tanpa sebab.

Menurutnya, berdirinya museum kepresidenan ini akan meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan.

"Harapannya dan alasannya pemerintah daerah itu adalah untuk pertumbuhan ekonomi. Kalau semakin banyak wisata ke Pacitan kan devisanya akan bertambah. Intinya ke sana," jelas Indartato.

Indartato juga menyebut bahwa BKK tersebut hingga kini belum diserahkan karena masih dalam proses administrasi.

Sebelumnya, baru-baru ini muncul kabar Pemerintah Kabupaten Pacitan telah memberi dana hibah sebesar Rp 9 miliar yang masuk ke Yudhoyono Foundation, yayasan yang didirikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kabar tersebut bahkan viral di media sosial. Yayasan Yudhoyono Foundation dikatakan mendapatkan hibah sebesar Rp 9 miliar anggaran APBD Kabupaten Pacitan Tahun Anggaran 2021.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto