Netral English Netral Mandarin
03:05wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Hemat Anggaran Belanja, Tahun Depan Tunjangan Kinerja PNS Bakal Dipangkas

Rabu, 18-Agustus-2021 07:00

Tunjangan PNS Dipangkas Tahun Depan
Foto : Istimewa
Tunjangan PNS Dipangkas Tahun Depan
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah bakal memangkas tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun depan. Pemangkasan ini dilakukan untuk melakukan penghematan anggaran belanja pada 2022.

Salah satu tunjangan yang dipangkas adalah Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13. Artinya, tahun depan tunjangan yang diterima PNS tak full seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dalam paparan laporan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, ada penghematan tunjangan kinerja (Tukin) sebesar Rp10,8 triliun.

"Rencana pemenuhan dalam APBN 2022 ada penghematan Tukin G13/THR Rp10,8 triliun," tulis laporan yang dipaparkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga.

Sementara itu, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada 2022 terus dilanjutkan. Ada dua pos yaitu kesehatan dan perlindungan masyarakat. 

Anggaran PEN adalah stimulus fiskal yang diberikan pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). 

"Untuk PEN, dialokasikan untuk kesehatan sebesar Rp 148,1 triliun. Kemudian perlindungan masyarakat Rp 153,7 triliun," ujarnya. 

Airlangga berharap dengan anggaran APBN 2022 tetap jaga kesehatan untuk masyrkat dan tetap ada perlindungan masyarakat. 

"Selain daya beli tidak tertahan dapat berikan efek berganda sisi konsumsi," tandasnya. 

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani