Netral English Netral Mandarin
03:44wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Hidangan Arab, Najwa Shihab Ungkap Makanan 'Jagoan' saat Lebaran

Selasa, 11-Mei-2021 19:00

Najwa Shihab
Foto : Twitter Najwa Shihab
Najwa Shihab
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, salah satu yang biasanya dipersiapkan adalah santapan khas Lebaran, kue, hingga makanan hantaran. Lantas, apa makanan favorit yang Anda santap di Hari Raya Idul Fitri? 

Jurnalis sekaligus Presenter Najwa Shihab turut ungkap makanan favoritnya di saat hari raya, yakni nasi kebuli. 

"Jagoan makanan Lebaran saya lainnya adalah Nasi Kebuli. Mungkin gampang ditebak ya, karena hidangan satu ini memang identik dengan warga keturunan Arab," ujar Najwa, dikutip dari unggahan Media Sosial Instagramnya, Selasa (11/5/2021).

Meski dikenal sebagai hidangan keturunan Arab, tetapi menurutnya nasi kebuli berjodoh pula dengan budaya masyarakat Indonesia. Makanan ini juga dikenal dimasak dalam jumlah banyak supaya tidak langsung habis satu hari.

"Sesuai juga dengan kebutuhan makanan Hari Raya yang menuntut bisa dinikmati ramai-ramai," kata wanita yang akrab disapa Nana.

Nana jelaskan bahwa nasi kebuli adalah nasi yang dimasak menggunakan kaldu daging kambing dan rempah-rempah. Lumrahnya nasi kebuli disajikan dengan daging kambing goreng yang bebas dari aroma prengus, lalu ditaburi kismis, kadang dengan nanas, dibumbuhi sambal goreng daging.

"Kombinasi ini melahirkan rasa manis keasam-asaman. Namun, tetap gurihnya yang memimpin kekayaan rasa itu, Nyammm :)," ujar wanita yang sempat dirawat karena alami gangguan usus.

Nana akui, nasi kebuli merupakan salah satu contoh santapan Lebaran yang mencerminkan perpaduan budaya di Tanah Air. Tentu bukan cuma Nasi Kebuli saja bentuk akulturasi semacam ini.

Misalnya saja asa kuah kuning dari opor itu berasal dari penggunaan kunyit ala India, lalu nastar dan kastengel berasal dari Belanda. 

"Kalian sendiri paling doyan makanan apa di Lebaran?," tanya Nana.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP