Netral English Netral Mandarin
00:43wib
BMKG menyatakan gempa yang terus berlangsung di wilayah Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga merupakan jenis gempa swarm dan perlu diwaspadai. Sejumlah calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, mengeluhkan soal aplikasi PeduliLindungi serta harga tes PCR yang dinilai mahal.
Hidayat Nur Wahid: Ayah Saya Bukan Anggota BTI/PKI!

Rabu, 29-September-2021 15:40

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid
Foto : Istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid
30

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid menjawab pertanyaan cendekiawan muslim, Ayang Utriza Yakin, soal isu yang menyebut ayahnya adalah anggota Barisan Tani Indonesia (BTI) yang berafiliasi dengan organisasi terlarang Partai Komunis Indonesia (PKI).

Melalui akun Twitternya, HNW menegaskan bahwa isu tersebut adalah fitnah dan ia pun sudah mengklarifikasi sejak lama.

"Itu fitnah lama, sejak September 2017, sudah saya klarifikasi. Ayah saya; HM Syukri SD,BA. bukan anggota BTI sebagaimana anda (Ayang Utriza) sebut," tulis HNW di akun Twitternya, Rabu (29/9/2021).

HNW menyematkan tangkapan layar artikel dari detikcom yang memuat klarifikasinya mengenai isu sang ayah disebut anggota PKI.

Artikel itu berjudul 'Diserang Isu PKI Dimedsos, Hidayat Nur Wahid: Itu Fitnah Basi!', yang tayang pada 21 September 2017 lalu.

HNW kembali menjelaskan bahwa ayahnya, H. Muhammad Syukri, merupakan seorang guru, aktivis dan pengurus Muhammadiyah.

Karenanya, Wakil Ketua MPR itu  menegaskan bahwa mustahil jika ayahnya menjadi BTI/PKI.

"Ayah saya Guru&PNS dari SR-SMP hingga SPG, pensiun th 1995. Beliau aktifis/pengurus Muhammadiyah, mustahil jadi BTI/PKI. Cukup? Atau mau fitnah lagi? Trims," tulis @hnurwahid.

Sebelumnya, Ayang Utriza Yakin melontarkan dua pertanyaan ke Hidayat Nur Wahid. Pertanyaan itu disebut Ayang sebagai tabayyun agar tidak menimbulkan fitnah terhadap HNW.

"YM. Ustadz Dr. @hnurwahid: mohon izin tabayyun, agar tidak ada fitnah," tulis Ayang seperti dilihat netralnews.com, Senin (27/9/2021).

Pertama, Ayang bertanya soal isu yang menyebut orangtua HNW adalah anggota BTI yang merupakan bagian dari organisasi PKI.

"Berita beredar bahwa orangtua Antum itu anggota BTI (Barisan Tani Indonesia), organisasi PKI. Benarkah?" cuit @Ayang_Utriza.

Kedua, Ayang mengkonfirmasi ke HNW mengenai isu yang menyebut bahwa keluarga Presiden ke-2 Soeharto di Cendana mencairkan dana untuk menyebar isu tahunan mengenau bahaya PKI.

"Uang sudah cair dari Cendana- Soeharto-Orde-Baru-AS u/isu tahunan bahaya PKI. Benarkah Ustadz?," kata Ayang.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P