Netral English Netral Mandarin
15:07wib
Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meninggal saat kegiatan pramuka susur sungai di Sungai Cileueur. Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan moratorium penerbitan izin usaha baru untuk pinjaman online.
Hoax, Pesan Berantai di WA untuk Dapat Bantuan Covid-19 Sebesar Rp 5 juta dari Kemensos

Rabu, 13-Oktober-2021 15:31

Hoax, Pesan Berantai Bonus Bantuan Covid-19 dari Kemensos
Foto : Kementerian Sosial
Hoax, Pesan Berantai Bonus Bantuan Covid-19 dari Kemensos
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Telah beredar pesan berantai yang berisi formulir pendaftaran dana bantuan Covid-19 sebesar Rp 5 Juta, mengatasnamakan Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan bisa didapatkan dengan menjawab beberapa pertanyaan pada sebuah situs, yang bisa di klik melalui sebuah link. 

Tak tanggung-tanggung, informasi berantai itu juga memuat logo Kemensos. Lalu pendaftar diminta membagikan pesan tersebut ke grup-grup WhatsApp (WA) untuk melengkapi persyaratan. 

“Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat website yang berisi kuisioner untuk mendapatkan bonus dana bantuan covid sebesar Rp 5 jt,” tegas pihak Humas Kemensos, dikutip dari infografis resmi yang dibagikan, Rabu (13/10/2021).

Kemensos tegaskan, pihaknya tidak pernah membuat website untuk mendapatkan bantuan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan atau survei. Tindakan itu tidak pernah dilakukan, apalagi berbentuk pesan berantai. 

Lebih lanjut dijelaskan, sebagai upaya penanganan dampak pandemi, pemerintah mengeluarkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan memberikan perlindungan sosial. Bantuan Sosial (Bansos) Reguler Kemensos juga akan terus berlanjut di tahun 2022.

Adapun Bansos Reguler Kemensos yang dimaksud diantaranya, Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Kartu Sembako.

Penerima Bansos tersebut merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Daftar KPM yang ada di DTKS sendiri merupakan yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing.

Untuk mengecek kepesertaan Bantuan Sosial Tunai (BST), dapat melalui website https://cekbansos.kemensos.go.id/ atau Aplikasi Cek Bansos di Android.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wahyu Praditya P