3
Netral English Netral Mandarin
05:43 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
HPN 2021, Komnas HAM: Insan Pers Adalah Pejuang HAM

Selasa, 09-Februari-2021 23:59

Ilustrasi Komnas HAM.
Foto : Istimewa
Ilustrasi Komnas HAM.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang diperingati pada 9 Februari, hari ini. 

"Sebagai Pimpinan Komnas HAM, saya mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional. Semoga insan pers di seluruh Indonesia bergembira menyambut hari baik ini," kata Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021). 

Amiruddun mengatakan, dari kaca mata HAM, Pers adalah penting karena menjadi mata dan telinga publik untuk mendapat dan memperoleh informasi tentang berbagai hal. Pers adalah sarana bagi pemenuhan hak untuk tau dan hak memperoleh informasi. 

"Komnas HAM juga memandang dunia pers dan insan pers adalah pejuang- pejuang HAM karena merupakan wadah bagi perwujudan kebebasan berpendapat. Kebebasan berpendapat adalah esensi bagi HAM dan demokrasi," ujarnya. 

Lebih lanjut, Amiruddin menyebut kebebasan Pers yang kini ada adalah buah dari reformasi. Maka dari itu, ia mengajak semua pihak untuk merawat bersama kebebasan pers ini dengan semangat reformasi demi kemanusiaan, HAM dan Demokrasi yang lebih dewasa dan bermutu. 

"Semoga dalam rangka Hari Pers Nasional ini seluruh insan pers di RI dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya bisa dihargai dan tidak mengalami hambatan dari aparatur negara dan masyarakat pada umumnya," pungkasnya.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP