Netral English Netral Mandarin
00:39 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
HRS Sakit Mengkhawatirkan, Abu Janda: Yuk Kita Aminkan Doanya Dia Sendiri...

Jumat, 08-January-2021 10:49

HRS dikabarkan Sakit Mengkhawatirkan
Foto : Suara.com
HRS dikabarkan Sakit Mengkhawatirkan
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengatakan bahwa kliennya saat ini dalam kondisi sakit. Mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu kini tengah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya.

"Lagi sakit beliau [di dalam Rutan]. Jadi pada pemeriksaan kemarin kondisinya sudah sesak nafas. Seperti (dari) sakit lambung. Saya khawatir ada jantung. Awalnya diagnosanya seperti lambung naik jadi beliau sesak nafas," kata Sugito seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (7/1).

Menanggapi hal itu, pegiat media sosial Abu Janda alias Permadi Arya malah mencuit: "Ada yang sakit di penjara twips.. yuk kita aminkan doanya dia sendiri.  aamiin #JumatBerkah."



Abu Janda juga mengunggah video doa Rizieq yang sebelumnya viral di sosial media. Dalam video tampak Rizieq  sedang memanjatkan doa yang ikut diamini oleh para pendukungnya. 

"Dibikin susah hidupnya, seretkan rezekinya, jangan berkahi nafkahnya, jangan sembuhkan penyakitnya, biar dapat penyakit yang belum ada obatnya," kata Habib Rizieq. 

Sambungnya, "Bagi yang perempuan ditinggal nikah lagi oleh suaminya, sedangkan bagi yang laki-laki ditinggal lari oleh istrinya..."

Sementara sebelumnya diberitakan, Pengacara Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro menjelaskan Rizieq mulai tak enak badan sejak malam tahun baru 2021 lalu. Ia bercerita bahwa Rizieq mengaku kerap dipersulit untuk mendapatkan perawatan yang maksimal di dalam penjara.

Ia menjelaskan sel isolasi yang ditempati Rizieq saat ini membuatnya sulit untuk berkomunikasi dengan tahanan lain maupun dengan pihak polisi yang berjaga. Hal itu lantas membuat Rizieq kesulitan mendapatkan perawatan pertama saat diketahui tengah jatuh sakit.

"Itu kan selnya sel isolasi, gak bisa dijenguk pihak keluarga. Dan kalau pihak polisi datang, kalau enggak ada kepentingan enggak bisa, dan tahanan lain juga enggak bisa bantu. Enggak bisa komunikasi, seperti terisolasi," kata dia.Lihat juga: Rizieq Ingin Hadirkan Rhoma Irama Jadi Saksi di Praperadilan

Tak hanya itu, Sugito juga mengeluhkan birokrasi di dalam Rutan Polda Metro Jaya sangat berbelit-belit bagi Rizieq. Hal itu terjadi saat Rizieq ingin memanggil dokter guna mendapatkan perawatan intensif.

"Lalu saat maag-nya kambuh itu, dan mau manggil dokter, manggilnya susah. Dan dia minta oksigen, akhirnya dokter dari rumah sakit Polda dokternya dateng, tapi enggak bawa oksigen. Akhirnya oksigen di bawa dari rumah di Petamburan," kata Sugito.

Melihat situasi itu, Sugito sudah mengajukan keberatan kepada pihak Polda Metro Jaya atas kondisi yang dialami kliennya.

Sugito juga meminta supaya pihak Polda Metro Jaya melakukan pembantaran kepada Rizieq sampai kondisinya pulih.

"Makanya kondisi begini, kita ingin beliau dibantarkan dulu lah, agar kondisinya pulih. Dibantar," kata Sugito.

"Kan kita pernah minta waktu bertemu. Kita dipersulit. Keluarga juga enggak bisa menjenguk. Ini kan bukan tahanan teroris. Ini tahanan biasa," tambah dia.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto