3
Netral English Netral Mandarin
11:15 wib
Jumlah korban meninggal akibat Covid-19 di Italia sudah melampaui 100 ribu orang. Kondisi itu membuat Italia menjadi salah satu negara yang mencatatkan rekor kematian tertinggi. Politisi Partai Demokrat (PD) versi kongres luar biasa (KLB) Max Sopacua membantah informasi yang menyebut pihaknya menjanjikan imbalan Rp100 juta untuk para kader partai yang bersedia menghadiri KLB
Cerita Humor Gus Dur: Perbedaan antara Dirinya, Soeharto, dan Habibie

Jumat, 19-Februari-2021 06:55

Kolase foto tiga Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto, Abdurrachman Wahid atau Gus Dur, dan BJ Habibie.
Foto : indonesia.go.id
Kolase foto tiga Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto, Abdurrachman Wahid atau Gus Dur, dan BJ Habibie.
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Republik Indonesia ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid atau atau akrab disapa Gus Dur memang dikenal humoris atau penuh canda. 

Gus Dur kerap memenuhi ‘gizi kehidupan’ dengan humor. Tak jarang, ia melontarkan guyonan yang menertawakan dirinya sendiri. 

Meskipun terdengar seperti menertawakan diri sendiri, lelucon Gus Dur itu seringkali mengandung makna yang dalam, dan bahkan menggambarkan kondisi sosial-politik yang ada. 

Gus Dur melontarkan kritik dengan humor. Gus Dur yang menertawakan dirinya sendiri justru mampu menyadarkan pejabat-pejabat negara untuk juga menertawakan dirinya sendiri. 

Dalam buku “Saya Nggak Mau Jadi Presiden Kok!” karya Hamid Basyaib & Fajar W Hemawan yang terbit pada 2014, guyonan yang pernah diceritakan oleh Gus Dur sendiri adalah seperti berikut ini. 

“Pak Harto dulu presiden new order. Pak Habibie, presiden in order, boleh juga out of order," kata Gus Dur, seperti dikutip dari laman nu.or.id, Jumat (19/2/2021). 

“Lalu saya sendiri?” Saya presiden no order,” kata Gus Dur. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP