Netral English Netral Mandarin
04:18wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Ibu Kota Bakal Dipindah ke Kaltim, Anies Pastikan Jakarta tetap Pusat Segala Sektor

Senin, 30-Agustus-2021 22:30

Gubernur Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Gubernur Anies Baswedan
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Meski pemerintah pusat berencana memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur, namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Jakarta tetap menjadi pusat segala sektor. Jenis sektor yang dimaksud, adalah perekonomian, budaya dan sebagainya.

“Mengenai Ibu Kota yang rencananya oleh pemerintah pusat dipindah ke Kalimantan Timur, kami menghormati keputusan itu dan juga rencana itu. Tetapi saya dapat meyakinkan Anda, bahwa Jakarta akan tetap menjadi pusat kegiatan ekonomi, markas segala jenis ada di sini,” kata Anies.

Hal itu dikatakan Anies saat Konferensi Berlin Questions melalui saluran radio The Urbanist pada Kamis (19/8/2021) lalu. Konferensi itu kemudian ditayangkan kembali oleh pemerintah daerah melalui kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta pada Senin (30/8/2021).

Dalam kegiatan itu, hadir beberapa pimpinan daerah dari beberapa negara. Misalnya Wali Kota Istanbul Ekrem Imamoglu dan Wakil Wali Kota Warsawa Michal Olszweski. Kata Anies, Jakarta akan terus memainkan peran sentralnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Selain itu, kata Anies, rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur juga tidak disertai wacana relokasi cabang pemerintahan apapun yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Karena itu, semua cabang pemerintahan yang berhubungan dengan bisnis dan ekonomi, akan tetap berada di Jakarta.

“Jadi akan terbagi menjadi ibu kota resmi dan dari sisi administrasi. Dari kami sebagai orang yang mengelola kota Jakarta, tantangan kami tidak akan berkurang bahkan jika Ibu Kota dipindahkan,” jelas Anies.

Alasan lain Jakarta tetap menjadi pusat segala sektor adalah, Jakarta saat ini merupakan hasil evolusi yang berlangsung lebih dari 300 tahun. Jakarta yang lebih dikenal sebagai Batavia saat itu, telah menjadi pusat kegiatan ekonomi dan kegiatan budaya.

“Jadi, jaringan yang dikembangkan di Jakarta akan selalu ada, karena ini bukan hasil dari kebijakan pemerintah tetapi ini adalah hasil dari sejarah panjang revolusi di kota kami dan juga di negara kami,” ungkapnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani