3
Netral English Netral Mandarin
00:20 wib
Kementerian Lingkungan Hidup mengungkap ada peningkatan titik panas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan di beberapa provinsi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan pada semester kedua tahun ini, atau tepatnya pada Juli 2021 mendatang.
IDI: Jangan Over Pede Bilang Vaksin Nusantara Melindungi Seumur Hidup

Rabu, 24-Februari-2021 09:30

Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, Prof Zubairi Djoerban
Foto : Istimewa
Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, Prof Zubairi Djoerban
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 PB IDI, Prof Zubairi Djoerban mengetahui, dirinya dianggap tidak mendukung Vaksin Nusantara. 

"Salah. Saya cuma berpendapat. Itu sah. Saya pun tidak punya praduga buruk," tegas Prof Zubairi, dikutip dari cuitannya, Rabu (24/2/2021).

Akan tetapi, Prof Zubairi menegaskan agar Vaksin Nusantara tidak Percaya Diri (PD) berlebih dengan klaim bisa melindungi seumur hidup. Pasalnya bukti belum ada, kalaupun sudah ada bukti, Prof Zubairi ingin berdiskusi lebih lanjut.

"Tapi, jangan over pede juga dengan bilang vaksin itu melindungi seumur hidup. Wong buktinya belum ada," tegas dia.

Sebelumnya, Prof Zubairi juga sempat menpertanyakan bukti Vaksin Nusantara yang diklaim mampu menciptakan antibodi seumur hidup. 

Dia ketahui data uji klinis fase dua  belum ada, apalagi fase tiga. Jadi, jika mau bicara klaim, menurutnya harus dengan data dan evidence based medicine. 

"Jangan membuat publik bingung. Bahkan para ahli dunia pun belum bisa menjawab apakah vaksin Moderna atau Sinovac atau Pfizer antibodinya tahan berapa lama," jelas dia.

Di sisi lain, Prof Zubairi mengaku mendukung upaya eradikasi, seperti vaksin. Tapi perlu perlihatkan kepada publik datanya, biar tak gaduh dan masyatakat tidak bingung.

"Dus, saya tak tahu motif klaim vaksin nusantara itu. Ada yang tahu?," tanya dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati