Netral English Netral Mandarin
02:26wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
India Berhasil Temukan Golongan Darah yang Kebal Covid-19

Sabtu, 01-Mei-2021 22:40

Pengambilan sampel darah.
Foto : neoteryx.com
Pengambilan sampel darah.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – India kini tengah diguncang serangan gelombang kedua Covid-19. Total rekor harian sudah mencapai 400 ribu kasus positif. Di tengah tsunami Covid-19 ini, peneliti India menemukan golongan darah tertentu yang kebal terhadap infeksi virus corona.

Penemuan ini didapat setelah Council of Scientific Industrial Research (CSIR), lembaga penelitian di India, melakukan survei untuk menemukan golongan darah yang lebih rentan terhadap infeksi virus corona.

Hasilnya orang dengan golongan darah O kurang rentan terhadap paparan virus corona penyebab Covid-19. Sedangkan orang dengan golongan darah B dan AB lebih rentan terhadap virus.

Survei dilakukan oleh tim yang terdiri dari 140 dokter. Mereka menilai sampel dari hampir 10.427 orang dewasa di India. Golongan darah O dikaitkan dengan tingkat penularan rendah, lalu golongan darah AB menduduki peringkat tertinggi dalam penularan, diikuti golongan darah B.

Selain itu, studi juga menemukan, alih-alih memperburuk, kegiatan merokok justru jadi benteng pertahanan. Studi menemukan, merokok malah meningkatkan produksi mukus.

"Merokok diketahui sangat merusak kesehatan dan dikaitkan dengan berbagai penyakit dan pengamatan ini tidak boleh dianggap sebagai dukungan, terutama mengingat bahwa hubungan tersebut tidak terbukti menjadi penyebab," tulis peneliti dalam hasil risetnya, seperti dikutip dari Wio News.

Namun, perlu dicatat, studi tersebut baru merupakan hasil awal yang belum lulus dalam penelusuran sejawat atau peer review.

India kini tengah menghadapi gelombang kedua Covid-19 dengan tingkat penularan yang tinggi. Worldometers mencatat, hingga 30 April 2021, ada sebanyak 18,754 juta kasus positif Covid-19 di India.

Dengan angka tersebut, India kini menjadi negara terbesar kedua kasus positif Covid-19 setelah Amerika Serikat.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP