Netral English Netral Mandarin
20:34wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Industri Bisnis Online Jadi Pilihan Anak Muda, Ini Alasannya

Jumat, 14-Mei-2021 23:34

Ilustrasi e-commerce
Foto : Istimewa
Ilustrasi e-commerce
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Industri digital, termasuk berjualan online kini semakin tumbuh subur. Pelaku ekonomi digital ini banyak didominasi oleh anak muda yang memang sangat melek teknologi. 

Dalam sebuah studi terbaru, ditemukan bahwa pandangan kaum muda saat ini tentang pekerjaan telah banyak berubah. Survei terbaru dari Menafn dan SWNS Digital juga menunjukkan, kaum muda lebih memilih untuk meninggalkan pekerjaan tradisional mereka dan mulai berbisnis online. 

Lalu, apakah ini adalah ide yang menarik untuk dicoba atau justru dapat menuai banyak risiko? Nah, berjualan online sebenarnya telah dilakukan oleh orang-orang selama bertahun-tahun dan ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan pemasukan tambahan. 

Menurut survei terhadap 2.000 peserta yang berusia antara 18 dan 24 tahun, sepertiga responden mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan mereka demi mengejar usaha online secara penuh waktu. 

Penelitian yang dilakukan oleh O2 Business itu memperlihatkan item paling populer untuk dijual secara online adalah pakaian, dengan 49 persen menyatakan itulah yang mereka jual secara online. Sementara, sepatu masuk ke dalam 24 persen, kemudian video game yang memiliki nilai yang sama yakni 24 persen. 

Mereka juga memerhatikan tren yang meningkat di kalangan kaum muda dengan menjual peralatan gym dan mengadakan kelas untuk menghasilkan uang secara virtual. Ketika ditanya mengapa mereka memilih untuk menjual barang secara online, alasan utamanya adalah untuk menghasilkan uang tambahan selain dari gaji pada pekerjaan utama. 

Sebagian besar uang digunakan untuk membantu mereka menghidupi diri sendiri. Seorang remaja yang telah menjual barang bekas di aplikasi bernama Depop mengungkapkan bahwa ini adalah cara mudah baginya untuk menghasilkan uang tambahan. 

"Saya pergi ke toko barang bekas untuk menemukan barang-barang vintage, membersihkannya, dan kemudian menjualnya secara online untuk mendapat untung," katanya seperti dilansir dari kompas.com. Pemikiran kreatif seperti inilah yang membantu mereka menghasilkan uang dan itu juga berarti bahwa percakapan tentang keamanan penjualan internet mungkin perlu diperbarui.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli