Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:58wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
Ingin Beli Ban Mobil Baru, Sebaiknya Pahami Kodenya Agar Tak Tertipu

Selasa, 27-April-2021 22:20

Kenali karakter mobil baru sebelum membeli.
Foto : IIMS
Kenali karakter mobil baru sebelum membeli.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Jika Anda beli ban baru, pernahkah Anda perhatikan deretan angka atau kode yang terdapat pada ban tersebut? 

Ternyata kode tersebut mengandung banyak informasi yang sebetulnya harus Anda ketahui, salah satunya mengenai tahun pembuatan ban dan jumlah maksimal beban yang bisa diangkut dengan ban tersebut. 

Informasi tersebut berkaitan dengan kemanan dan kenyamanan pengendara. Berikut contoh kode yang tertulis di ban mobil. Misal ada kode tertulis 205/65/R15 94 H, maka itu artinya adalah sebagai berikut seperti dilansir dari berbagai sumber;

205 = Lebar ban

65 = Tinggi ban

R = Ring

15 = Ukuran Ring.

94 = Max Beban.

H = Max 210km/h.

S = Max 180km/h.

T = Max 190 km/h.

U = Max 200km/h.

V = Max 240km/h.

Z = 240km/h

W =  270km/h

Y = 300km/h

Kemudian pada setiap ban mobil juga terdapat 4 angka yang terletak di sisi ban. Contoh: 2214. Angka tersebut artinya adalah menunjukkan keluaran ban baru dari pabrik pada minggu ke 22 tahun 2014.

Setiap ban mempunyai tempo/waktu/masa penggunaan ideal 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan dari pabrik. Jika Anda mengerti kode yang terdapat pada ban, maka sudah pasti tidak akan bisa ditipu oleh penjual ban. Bahkan Anda bisa meminta diskon kepada penjual jika ternyata ban tersebut diproduksi beberapa tahun lalu. 

Nah, jika usia ban baru sudah lebih dari 5 tahun, maka kondisi karet ban sudah keras dan masuk sebagai kategori Expired (kadaluarsa ) meskipun belum digunakan. Sangat disarankan jangan dibeli karena jelas bisa membahayakan jiwa anda dan keluarga. 

Mari Kita Teliti Demi Keselamatan Jiwa Kita Dan Keluarga dengan hati-hati membeli ban mobil.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani