Netral English Netral Mandarin
02:10wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Ingin Bikin Mobil Jadi Tambah Kinclong saat di Rumah Saja, Ikuti Cara Ini

Jumat, 30-Juli-2021 00:05

Poles mobil  penting dilakukan supaya cat mobil selalu bersih, terawat serta selalu bebas dari cacat dan goresan.
Foto : Istimewa
Poles mobil penting dilakukan supaya cat mobil selalu bersih, terawat serta selalu bebas dari cacat dan goresan.
30

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Saat diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan penyebaran wabah COVID-19, banyak pekerja yang diharuskan untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

Nah, dalam kondisi tersebut, mungkin banyak kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu sebelum atau sesudah jam kerja yang sudah ditetapkan untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor Anda.

Anda bisa mengalihkan waktu yang biasa digunakan untuk perjalanan pergi dan pulang kantor saat belum terjadi pandemi, untuk melakukan kegiatan lain yang bermanfaat di rumah.

Salah satu contohnya adalah memoles mobil supaya tetap kinclong dan cat mobil awet warnanya.

Ketahuilah, kotoran dan percikan air yang menempel pada bodi kendaraan adalah musuh utama cat mobil. Tumpukan keduanya akan membuat cat menjadi redup karena proses kimiawi.

Seperti dikutip dari laman wuling.id, Kamis (29/7/2021), berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui jika ingin mencoba memoles sendiri mobil kesayangan di rumah, check this out!

Cuci bersih mobil dan keringkan terlebih dahulu

Jika anda memulai langkah poles mobil saat mobil dalam keadaan kotor, kotoran-kotoran halus masih menempel di body mobil akan menjadi baret saat proses poles. Keringkan mobil setelah selesai dicuci dengan lap microfiber

Siapkan perlengkapan poles mobil

Setelah mobil bersih kembali, yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan poles mobil yang sesuai dengan mobil Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan kompon yang soft atau medium dan pastikan tidak ada debu yang menempel.

Memilih obat poles mobil

Pemilihan obat poles khusus sesuai cat mobil akan menghindarkan mobil Anda dari risiko pada mobil Anda. Polisher yang digunakan untuk keperluan mobil ini biasanya bernama Paint Cleaner, Cleaner Wax, Cleans and Shines, Scratch Remover dan lain-lain.

Obat poles yang seperti ini dapat mengangkat kotoran secara maksimal namun ramah terhadap lapisan clear coat.

Cara memoles tanpa alat

Pemolesan yang maksimal seharusnya menggunakan alat, namun kalau Anda tidak memilikinya, Anda tetap bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan kain microfiber. Mulailah dari panel samping depan kiri atau kanan dan kap mesin lalu bergantian ke masing masing pintum atap hingga panel belakang.

Usapkan cairan poles mobil sedikit demi sedikit hingga merata seluruhnya, lalu gunakan kain microfiber untuk memoles. Lakukan dengan cara memutar secara berulang ulang supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah hasilnya sudah dirasa cukup, Anda bisa melanjutkan ke area lain perlahan.

Memoles mobil dengan menggunakan alat

Kalau Anda memiliki alat poles, maka proses pengerjaan bisa lebih cepat dan lebih singkat dibandingkan dengan cara yang manual. Proses awalnya sama seperti saat Anda melakukannya manual. Usapkan cairan poles mobil sedikit demi sedikit hingga merata seluruhnya, lalu gunakakan alat poles mobil untuk melakukan prosesnya.

Gunakan kecepatan yang paling rendah saat pertama kali memoles dan tingkatkan kecepatan perlahan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Yang harus diperhatikan saat melakukan proses ini adalah posisi alat poles mobil harus benar benar tegak lurus dan tidak boleh miring, karena kalau miring akan terkikis.

Perlu diketahui, memoles mobil tidak boleh dilakukan sesering mungkin. Ini dikarenakan dalam setiap prosesnya, poles mobil menggunakan bahan yang sifatnya abrasif yang akan mengikis clear coat atau pernis. Idealnya, untuk satu mobil hanya boleh melakukan poles sebanyak tiga kali saja.

Namun untuk mobil yang sudah dilapisi oleh nano ceramic melalui proses coating, baret ataupun kusam hanya terjadi pada lapisan nanonya saja. 

Jadi saat dilakukan proses poles mobil yang berulang kali hanya pada lapisan tersebut saja yang terkikis, sedangkan clear coat pada mobil tetap terjaga.

Supaya kondisi ini selalu terjaga, ada baiknya melakukan perawatan nano ceramic setiap enam bulan sekali.

 

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli