Netral English Netral Mandarin
10:06wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Ingin Menghemat Bahan Bakar Pada Kendaraan, Begini Tipsnya

Jumat, 08-Oktober-2021 17:24

Ilustrsi indikator BBM pada kendaraan.
Foto : Car News
Ilustrsi indikator BBM pada kendaraan.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menghemat bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor sangat dianjurkan, karena selain mengurangi pengeluaran biaya, juga bisa berkontribusi pada pengurangan gas emisi atau polusi.

Hal ini bisa dilakukan dengan tips-tips sederhana. Salah satunya dengan menarapkan gaya berkendara eco driving. Namun, itu saja tak cukup. Ada faktor lain lagi yang jadi penentu menghemat BBM mobil. Apa itu seperti dilansir dari Okezone?

1. Periksa tekanan angin ban

Tips pertama ini kerap diabaikan dan dilupakan sebagaian pemilik kendaraan. Pasalnya tips pertama ini penting dan gampang untuk dilakukan semua orang.

Cukup dengan memastikan tekanan ban normal dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Jangan sampai ban kekurangan angin karena permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan tersebut yang tentunya dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

2. Jangan membawa beban berlebihan

Membawa beban muatan berlebih ternyata juga dapat menyebabakan pemborosan bahan bakar sekitar 1-2% loh.

Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan pada bobot kendaraan secara signifikan yang mengakibatkan mesin bekerja lebih ekstra serta menyebabkan resiko pemakaian bahan bakar juga terkuras.

3. Bijak dan efektif dalam penggunaan AC

Ketika AC mobil dinyalakan, tenaga dari mesin mobil akan terkuras sebanyak 5PK untuk menggerakan keseluruhan sistem saluran AC. Optimalkan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan dengan bijak sistem kinerja AC yang efektif.

4. Cek filter udara jangan sampai terlihat kotor

Cek selalu komponen filter udara untuk hasil pembakaran dan konsumsi BBM yang mengaggumkan. Pasalnya filter AC berguna untuk menyaring udara kotor dan debu yang semakin lama akan menjadi kotor dan tersumbat. Kondisi tersebut akan menyulitkan mesin untuk menghisap udara bersih karena terhambat oleh kotoran tersebut.

5. Menjaga performa optimal dengan servis berkala

Melakukan servise berkala rutin ternyata sangat berpengaruh terhadap performa dan konsumsi bahan bakar loh. Sebab dengan melakukan service berkala pengecekan dan pembersihan dilakukan secara menyeluruh untuk mengembalikan performa kendaraan yang hilang dan menjadi optimal kembali.

Hal itu pasti juga berpengaruh pada pembakaran dan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih ekonomis dan irit.

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian