Netral English Netral Mandarin
00:06wib
Dua laga babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) sudah diketahui dengan mempertemukan Italia vs Austria dan Wales vs Denmark. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) khawatir rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya kolaps di tengah lonjakan kasus Covid-19.
Ingin Panjang Umur? Banyakin Konsumsi Makanan Pedas

Selasa, 27-April-2021 22:40

Benarkah makan pedas bisa perpanjang umur?
Foto : Go Travellu
Benarkah makan pedas bisa perpanjang umur?
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Para penggemar makanan pedas, ada berita baik untuk Anda. Ternyata berdasarkan sebuah penelitian, ada hubungan antara makan cabai dengan usia manusia.  Penelitian itu dilakukan oleh Larner College of Medicine, University Vermont. 

Menurut laporan penelitian itu, Prof. Benjamin Littenberg dan mahasiswa kedokteran Mustafa Chopan memeriksa survei pemeriksaan gizi dan kesehatan nasional terhadap 16.000 orang Amerika yang dilakukan lebih dari 23 tahun. 

Dilansir dari kompas.com, mereka memperhatikan pengurangan 13 persen total mortalitas pada mereka yang sering makan cabai. Littenberg dan Chopan mengakui, bahwa makan makanan pedas "masih jauh dari kepastian" menunda kematian. 

Kendati demikian mereka percaya makan pedas dapat membantu mencegah kematian berkaitan dengan kesehatan yang disebabkan obesitas. 

Peneliti itu pun percaya capsaicin, zat aktif yang ditemukan pada cabai dapat berperan sebagai zat antimikroba yang memerangi bakteri dan virus dalam tubuh. 

Chopan mengatakan kendati belum konklusif, studi terhadap cabai dapat digunakan dalam riset di masa depan dalam bentuk percobaan klinis. Makanan pedas dari cabai pun berpotensi direkomendasikan untuk membuat hidup lebih panjang.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani