3
Netral English Netral Mandarin
14:51 wib
Jajaran pengurus dan kader Partai Demokrat se-Sumatera Utara menolak penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) ilegal yang kabarnya digelar di salah satu hotel di Kabupaten Deli Serdang. Presiden Jokowi meminta Kementerian Perdagangan untuk gencar mengkampanyekan slogan cinta produk-produk Indonesia, sekaligus benci produk luar negeri.
Ingin Tetap Kaya selama Pandemi? Ini Tips Kerja di Rumah

Senin, 25-January-2021 19:13

Ilustrasi Ingin Tetap Kaya selama Pandemi? Ini Tips Kerja di Rumah
Foto : Merdeka.com
Ilustrasi Ingin Tetap Kaya selama Pandemi? Ini Tips Kerja di Rumah
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Anda tetap ingin kaya meski masih pandemi Covid-19? Silakan cermati tips-tips berikut, termasuk tips kerja di rumah.

Seperti kita ketahui, Covid-19 telah mengguncang dunia dan belum tahu kapan akan berakhir. Dampaknya terbukti sangat besar menghantam perekonomian.

Sudah jutaan orang kena PHK dan mengalami disorientasi pasca tidak bekerja seperti biasanya. Mereka harus di rumah dan bingung kerja apa.

Baca Juga :

Nah, kalian yang masih bingung, bisa simak catatan ini. Sebab, meski di rumah, kita tetap bisa produktif bekerja menghasilkan pemasukan. Namun, kerja di rumah juga perlu pembiasaan baru.

Sudah Jutaan Kena PHK

Menurut catatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebutkan, memasuki bulan Oktober 2020, setidaknya sudah lebih dari 6,4 juta tenaga kerja yang dirumahkan dan/atau terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK.

Hal itu dilakukan kalangan pengusaha sebagai dampak buruk pandemi COVID-19 terhadap kegiatan usaha.

“Kami sudah banyak merumahkan tenaga kerja, ada yang dibayar, ada yang tidak dibayar. Kalau terpaksa baru di-PHK,” kata Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno dalam webinar Forum Merdeka Barat di Jakarta, Selasa (6/10/2020).

Menurut Benny, sektor usaha yang paling banyak merumahkan hingga melakukan PHK, adalah sektor tekstil sebanyak 2,1 juta pekerja, kemudian transportasi darat sebanyak 1,4 juta orang.  

Selain itu, restoran sebanyak satu juta orang, perhotelan 400 ribu orang, sektor usaha sepatu dan alas kaki sebanyak 500 ribu orang, ritel 400 ribu dan farmasi 200 ribu orang.

Lebih lanjut Benny mengungkapkan, omzet yang menurun mengakibatkan perputaran uang di dunia usaha terganggu, mendorong sebagian besar pelaku usaha tidak mampu membayar pekerja.

Kemudian, sebagian pelaku usaha bisa membayar gaji tapi hanya mampu sampai Juli 2020 dan setelah itu sebagian besar mulai merumahkan karyawan.

Dari data tersebut, cukup mengerikan bukan? Jangan-jangan termasuk Anda di dalamnya? Jangan khawatir.

Setelah PHK Mau ke Mana?

Ada banyak peluang bekerja setelah kena PHK dan memulai kebiasaan baru bekerja di rumah. Yang pertama harus dilakukan adalah, buka mata dan hati.

Selain itu, mengingat selama pandemi mayoritas pekerjaan dilakukan di rumah atau  work from home (WFH), maka jadikanlah kerja rumah sebagai budaya baru.

Pilihan-pilihan dan peluang kerja saat WFH. Berikut 10 peluang kerja yang bisa Anda pilih dan sesuiakan, mana yang paling cocok. 

1. Agen Travel Virtual

Jika Anda sebelumnya berkecimpung dalam bisnis traveling, Anda tinggal membangun semua koneksi yang diperlukan untuk menjadikan diri Anda sebagai agen perjalanan independen.

Sebagai agen perjalanan, Anda akan dibayar untuk membantu klien membuat semua pengaturan yang diperlukan untuk liburan mereka dan memberi tahu mereka tentang tempat terbaik untuk dilihat dan dilakukan di tempat tujuan.

2. Sosial Media Manager

Masa mendatang, media sosial (Twitter, Facebook, Snapchat, channel Youtube, dan banyak lagi) akan berada di depan dan menjadi alat bisnis yang penting. Maka akan ada kebutuhan tenaga kerja berpengalaman untuk menangani perusahaan secara online.

Di sinilah peluang Anda masuk, melacak profil publik organisasi dan memastikan mereka mengikuti strategi pemasaran media sosial yang logis.

3. Penulis atau Editor Online

Anda gemar menulis? Tekunilah secara serius. Sebab, menulis adalah salah satu pekerjaan berbasis rumah yang paling banyak diminati.

Anda bisa menggarap berbagai topik seperti mode atau olahraga. Penulis rumahan sangat cocok bagi mereka yang kreatif dalam merangkai kata dan memiliki hasrat untuk membuat konten tulisan.

Sebagai penulis atau editor, Anda bertugas untuk menulis, menyalin, memeriksa, memperbarui, dan mengatur konten dengan cara yang menarik bagi pembaca.

Sebagai pemula untuk mengasah keterampilan menulis, Anda bisa menjadi seorang blogger, sekaligus berpotensi memperoleh penghasilan.

Anda juga dapat terhubung dengan editor dari merek favorit di LinkedIn atau menggunakan platform seperti Upwork.com atau MediaBistro.com

4. Desainer Grafis

Dunia bisnis membutuhkan logo, iklan, dan bentuk visual lain. Bila minat, Anda bisa menekuninya sebab kemampuan seperti ini banyak dicari dan pekerjaan bisa dilakukan di rumah.

5. Programer atau Developer Aplikasi

Bagi Anda yang berlatarbelakang bidang komputer dan bahasa pemrograman tentunya tak aneh dan bisa langsung mengeksekusi peluang ini.

Pekerjaan ini tidak memerlukan sebuah kantor atau pun tempat kerja selayaknya pegawai, aktivitas programer atau pun developer game bisa dikerjakan di rumah saja yang penting ada internet.

6. Asisten Virtual

Apakah Anda seseorang yang super terorganisir dan suka mengatur jadwal dan menikmati mengelola tugas kantor sederhana?

Jika demikian, Anda bisa menjadi asisten virtual di mana Anda akan melakukan tugas kantor umum dari rumah.

Tugas harian Anda biasanya akan mencakup menanggapi email, memasukkan data, membantu dengan media sosial, membuat pengaturan perjalanan serta mengatur kalender dan rapat.

7. Transcriptionist atau Transcriber

Jika Anda mencari pekerjaan yang fleksibel yang membutuhkan pengalaman minimal, menulis ulang mungkin sempurna bagi Anda.

Ini pada dasarnya melibatkan kemampuan mendengarkan rekaman audio dan mengetik ucapan tersebut kata demi kata.

Berbagai perusahaan biasanya mempekerjakan transcriptionists tanpa harus perlu banyak pengalaman.

Jadi beberapa postingan lowongan pekerjaan mungkin hanya mengharuskan Anda memiliki komputer dan keyboard untuk memulainya.

Pekerjaan transkripsi dapat bervariasi, seperti transkrip bahan kuliah dan pendikte medis dokter.

Untuk memulai, cari informasinya di TranscribeAnywhere.com, TranscribeMe.com, dan Quicktate.com.

8. Pengisi Survei

Pengisi survei bukanlah pengganti yang ideal untuk mengganti pekerjaan utama Anda.

Namun jika Anda tengah mencari cara cepat dan mudah dalam menghasilkan uang tambahan, maka ini bisa menjadi ide yang cukup bagus.

Saat ini, ada ratusan situs di luar sana yang membayar Anda dengan tugas menyelesaikan jajak pendapat dan jenis survei lainnya, jadi sebaiknya lakukan penelitian dan temukan yang menarik bagi Anda.

Anda akan mendapatkan uang tunai untuk setiap survei yang Anda kerjakan (biasanya dibayar melalui PayPal) atau voucher untuk digunakan di toko-toko terkenal.

Kunjungi perusahaan seperti DarwinsData.com, PineconeResearch.com, dan PaidViewpoint.com.

(Cari “survei” di RealWaystoEarnMoneyOnline.com untuk opsi lainnya.) Lalu daftar sebanyak mungkin situs yang Anda bisa.

Situs akan menghubungi Anda ketika survei yang sesuai dengan demografi Anda muncul, dan Anda langsung mengambilnya.

9. Penguji Situs (Website Tester)

Jika Anda memiliki perhatian besar terhadap detail dan merupakan seorang yang hobi berselancar di internet, maka Anda dapat dibayar untuk menguji situs web yang baru diluncurkan, memastikan semuanya bekerja dengan benar.

Anda biasanya akan dikirimi manual dengan instruksi lengkap tentang apa yang harus diuji. Menurut UserTesting.com, upah yang diterima sekitar $ 10 per tes.

Tertarik dengan pekerjaan rumahan ini? Mulailah dengan situs-situs seperti UserTesting.com, YouEye.com, dan Userlytics.com.

Daftar dengan beberapa perusahaan untuk memperoleh peluang menguji sebanyak mungkin situs web.

Setelah Anda berada di sistem, Anda akan diemail ketika pengujian diperlukan, dan jika Anda salah satu yang pertama merespons, luangkan wanktu 15 hingga 20 menit untuk menyelesaikan tes.

10. Vlogger dan Youtuber

Profesi baru yang sangat menjanjikan pasca-PHK adalah menjadi vlogger dan Youtuber. Membuat konten tidak harus keluar rumah.

Anda bisa mengungkap aneka tips dan trik untuk berbagi tentang topik tertentu, misalnya soal kecantikan, tata rias, memasak, dan lain sebagainya.

Membuatnya pun tak harus menggunakan alat-alat canggih. Yang penting ada alat perekam seperti Android dan laptop,  maka semua ide bisa direalisasikan.

Mengolah tulisan, website, hingga video konten juga sudah sangat mudah. Video bisa diolah menggunakan aneka aplikasi video editor yang tersedia.

Tips Kerja di Rumah

Nah, tips terakhir yang bisa Anda persiapkan dan jalani adalah membangun pola kerja WFH dengan baik. Berikut 5 tips kerja di rumah:

1. Miliki Tempat Kerja yang Nyaman

Dalam pengamatan First Media yang selama memberikan layanan internet bagi masyarakat, setidaknya ada beberapa tips yang terbukti sangat membantu saat kerja di rumah.

Hal pertama adalah memiliki tempat kerja yang nyaman. Produktivitas kamu akan semakin meningkat ketika kamu memiliki tempat kerja yang nyaman di rumah Anda.

Hindari bekerja di kasur atau di kamar. Kerja diatas kasur akan membuatmu semakin mudah ngantuk.

Sebaiknya, kamu bekerja menggunakan meja dan kursi. Lebih baik lagi, jika kamu membuat suasana meja kerjamu seperti suasana meja kerja di kantor.

Ini akan menolong kamu untuk lebih fokus dalam menyelesaikan tugas pekerjaanmu.

2. Miliki Jadwal Kerja

Ketika bekerja di kantor tentunya kamu memiliki jadwal kerja yang pasti. Contohnya, jam 8 pagi masuk kantor, bekerja dan kemudian istirahat makan siang di jam 12.

Hal ini juga bisa kamu terapkan ketika WFH. Ketika bangun pagi, kamu bisa mandi dan persiapkan diri kamu. Tepat jam 8 pagi, kamu sudah siap beraktivitas menggunakan outfit yang nyaman.

Tetaplah disiplin dengan jadwal ini, agar kamu semakin terbiasa dan nyaman bekerja dari rumah.

 3. Miliki to-do-list Harian

Walaupun bekerja dari rumah, tentunya deadline-deadline kamu di kantor tidak boleh terlewatkan.

Tetap kontrol dan disiplin dengan target kamu. Milikilah to-do-list atau rencana kerja harian apa saja yang perlu kamu kerjakan, agar tidak ada satu pun pekerjaan yang terlewatkan.

4. Batasi Penggunaan Sosial Media

Bila Anda memang  bukan menjadi Manajer Sosial Media (bukan profesi seperti Manajer Sosmed) maka bisa jadi media sosial malah menjadi salah satu godaan terbesar saat bekerja dari rumah.

Batasilah penggunaan media sosial agar kamu bisa tetap fokus. Buatlah jadwal penggunaan medsos hanya di jam istirahat. Ini akan menolong kamu untuk lebih produktif setiap hari.

5. Koneksi Internet yang lancar

Tingkat produktivitas kamu saat bekerja dari rumah akan semakin meningkat ketika kamu memiliki koneksi internet yang lancar dan cepat.

Ini akan menolong kamu agar bisa conference call dengan lancar, atau melakukan tugas lainnya dengan lebih efisien.

Pastinya, kamu bisa mewujudkan hal ini dengan miliki internet yang lancar misalnya dari First Media.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto